Dharmasraya

Upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Dihadiri Oleh Ketua DPRD Dharmasraya

Dharmasraya, PilarbangsaNews– Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila, yang diadakan oleh Pemkab Dharmasraya, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya pada hari Sabtu, (01/06/24). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan DPRD Dharmsraya, Kapolresm Dandim 0310/SSD, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Pulau Punjung, Ketua Pengadilan Agama, Kalapas Kelas III Dharmasraya, Ketua MUI, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, mahasiswa, ASN, TNI/Polri dan peserta upacara lainnya yang hadir.

Kata Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya bahwa di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhineka Tunggal Ika”.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat dimana pun berada agar dapat saling bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena berkat Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan. Bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan siding Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).” Kata Pariyanto.

Sedangkan menurut Sekda dalam sambutan, bahwa tema tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa. Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideology yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa pancasila, perlu juga keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” kata Sekda.(Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *