Pasaman Barat

Wabup Pasbar Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Pasbar, pilarbangsaNews.com— Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto, bertindak sebagai inspektur upacara dalam memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang digelar di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Senin (03/06/2024).

Upacara Hari Lahir Pancasila diikuti oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, Forkopimda, Kepala OPD, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, para ASN dan pegawai di lingkup Pemkab Pasbar.

Wakil Bupati Pasbar Risnawanto dalam amanatnya membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila menyampaikan bahwa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan dan pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Patut kita syukuri, sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang penuntun kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” Ucapnya.

Perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” Katanya.

Usai Upacara Hari Lahir Pancasila 2024, juga diserahkan sejumlah bantuan Program CSR dari perusahaan kepada Pemda Pasbar dan penyerahan penghargaan kepada OPD. Program CSR di Bidang Lingkungan oleh perusahaan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, yaitu rehabilitasi 3 unit kontainer sampah dari Perusahaan Wilmar Group (PT Gersindo Minang Plantation, PT Permata Hijau Pasaman I, PT Permata Hijau Pasaman II), rehabilitasi 1 unit kontainer sampah dari PT Rimbo Panjang Sumber Makmur, rehabilitasi 2 unit kontainer sampah dari Incasi Raya Group (PT Bintara Tani Nusantara, PT Pasaman Marama Sejahtera).

Selanjutnya, 1 unit becak motor sampah dari PT Agrowiratama, 1 unit becak motor sampah dari PT Laras Intemusa dan PT Andalas Agro Industri, dan 1 unit kontainer sampah dari PT Bakrie Pasaman Plantations. Program CSR dari perusahaan ini akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan layanan urusan persampahan di Kabupaten Pasaman Barat.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan Innovative Government Award (IGA) dengan kategori Terinovatif untuk tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2023. Peringkat terbaik pertama diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan skor 99 dengan kategori Terinovatif dengan Inovasi Absensi Online Pasaman Barat. Peringkat terbaik kedua diraih oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dengan skor 97 dengan kategori Terinovatif dengan Inovasi “Smart-Lah (Sistem Informasi Rumah Tidak Layak Huni). Peringkat terbaik ketiga diraih oleh Nagari Sinuruik dengan skor 96 dengan kategori Terinovatif dengan Inovasi “SUSTPADI (Susu, Telur, dan Kacang Padi).

Di akhir Kegiatan dilakukan penyerahan piagam penghargaan ketaatan penyampaian data invoice penjualan TBS oleh Bupati dengan kategori kepatuhan perusahaan penyampaian data invoice penjualan TBS kepada PT Gersindo Minang Plantation, PT Andalas Agro Industri, dan PT Agrowiratama. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *