Kepri

Polres Tanjungpinang Laksanakan Edukasi Peduli Sampah

Tanjungpinang, Pilarbangsanews.com,–
Polres Tanjungpinang mengadakan Edukasi peduli lingkungan kepada warganya. Kegiatan ini langsung di laksanakan di Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) Jl. Ganet Tanjungpinang, Kamis (21/2) kemaren sekitar pukul 9:00 WIB

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalhi, S.I.K, M.H, ikut turun memberikan edukasi tersebut.

Dalam arahannya Kapolres menyampaikan bahwa sampah sahabat sekaligus musuh bagi kesehatan manusia.

Dikatakan sebagai sahabat, karana sampah itu manusia yang memproduksi, namun harus dikelola dengan baik agar tidak sampai menjadi musuh.

Karena itu Kapolres sangat mendukung Dinas Kebersihan Pemprov serta Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang bersatu dan bersinergi dalam menanggulangi sampah.

Salah satu caranya, kata Kapolres, merapikan dan membersihkan saluran air serta parit-parit yang ada di Kota Tanjungpinang agar tidak tersumbat serta kesadaran membuang sampah pada tempatnya agar peristiwa banjir di Kota Tanjungpinang bisa diminimalisir kapan perlu ditiadakan.

Baru baru ini banjir yang terjadi akibat saluran tersumbat, telah memakan korban 2 (dua) orang di Jalan Kuantan dan Km.5 Bawah.

Selain peran Pemerintah kita sebagai masyarakat harus turut serta dalam menanggulangi sampah di Kota Tanjungpinang karena bisa menghasilkan nilai tambah dari segi ekonomi.

Di tempat dan waktu yang bersamaan kepala UPTD Satria menyampaikan produksi sampah yang masuk ke TPA Ganet hampir 85 ton/ harinya, semuanya sampah itu di kumpulkan di Kota Tanjungpinang.

Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebersihan mempersilahakan kepada pemulung di TPA yang berjumlah 20 orang untuk mencari apa saja yang masih ada nilai jual selama 15 menit di TPA. Sampah sampah itu selanjutnya sampah ditumpuk kemudian langsung di bakar.

Salah satu hal yang terpenting, kata Satria, tentang pemanfaatan sampah, pihak UPTD manfaatkan limbah sampah yang ada di TPA, seperti pembuatan pupuk.

“Untuk menjadikan sampai bernilai ekonomis, kita harus robah menset untuk menanggulangi adalah kumpul pilah baru di gunakan, pemanfaatan limbah sampah dapat diolah menajdi gas metan yang berfungsi sebagai bahan bakar minyak seperti bensin dan solar sehingga bisa bernilai ekonomis tinggi,”

Tidak sampai di situ saja setelah selesai acara pembukaan kegiatan tersebut, Kapolres Tanjungpinang beserta seluruh peserta berkesempatan langsung untuk meninjau lokasi sampah yang sudah menjadi berbentuk bukit yang biasa di sebut dengan bukit sampah serta dapat melihat langsung proses pengolahan sampah menjadi gas metan yang dapat menghasilkan bensin dan solar.

Kedepannya Polres Tanjungpinang beserta Pemko serta seluruh organisasi, element masyarakat akan bahu membahu melaksanakan kegiatan gotong royong yang dilaksanakan setiap minggunya guna membuat kota Gurindam ini lebih baik lagi serta mempertahankan piala Adipura yang telah di raih berkat kerja sama seluruh warga kota Tanjungpinang.

Hadir dalam kesempatan itu Waka Polres Tanjungpinang Kompol Sujoko S.I.K, M.H, Dinas Perkim Kota Pinang di wakili Kabit Sarana Prasarana ANI, Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Indra Jaya, Personil Polres Tanjungpinang, Saka Bhayangkara, Siswa/ siswi SMP 16 Hang Tuah

Thema Hari Peduli Sampah Nasional 2019 tersebut “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai Bersama Wujudkan Pemilu 2019 Yang Aman, Damai dan Sejuk Tanpa Hoax”. (uls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *