PILARBANGSANEWS
.COM.BUKITTINGGI,- 

HADI MASTIKA SYIHAMUDIN mahasiswa ISI Padang Panjang akan tampil menguji kebolehannya dalam Asia BeatBox Championship 2017 yang akan berlangsung di Taiwan dari tanggal 19 dan 20 Agustus mendatang.

Adi begitu nama pemuda berjiwa seniman ini bila disapa, anak sulung dari 2 bersaudara. Ayahnya Iyiak Yustanur dan Ibunya Harnizus Hamzah, kini Adi sedang menuntut ilmu di ISI Padang Panjang semester 5 jurusan TV/Film.

Dalam Asia BeatBox Championship ini, Adi mewakili seniman BeatBox Asia Tenggara setelah berhasil menjadi juara BeatBox Indonesia yang diadakan beberapa waktu lalu. 
Kemudian ditingkat Asia Tenggara (Asean) Hadi juga berhasil tampil sebagai juara dan dia berhak untuk menguji kebolehannya pada Asia BeatBox Championship 2017, Di Taiwan.

Di Taiwan nanti Adi akan berhadapan dengan pemuncak yang telah lolos dalam festival BeatBox Negera negara maju lainnya seperti Jepang Korea dan China.

Siang tadi anak Rang Bukittinggi ini diterima  walikota dan istri, Ramlan Nurmatias Dt Nan Basa SH dan  Hj.Yessy Edriani dirumah dinas walikota. Adi minta do’a restu pada walikota yang juga memiliki jiwa seni tinggi itu.

Terpancar keceriaan diwajah tuan rumah karena marasa gembira seorang putra Bukittinggi mampu tampil pada ajang bergengsi tingkat  Asia. 

“Terima kasih banyak bapak, ibu telah membantu saya moril maupun materil untuk biaya keberangkatan saya ke Taiwan. Do’a kan saya bisa berhasil dan mengharumkan nama Bukittinggi diajang seni Asia ini,” kata Hadi dirumah Dinas walikota Bukittinggi itu.

Apa Itu BeatBox?
Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. 

Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop[1].

 Meski demikian pada praktiknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.(Yust/*)

By Pilar