Berita Daerah

​NASIB JALAN POROS ASAM JUJUHAN DHARMASRAYA

Dharmasraya, Pilar Bangsa News -Upaya pemerintah daerah untuk membebaskan keterisolasian Asam Jujuhan tentu saja disambut gembira oleh masyarakat setempat. Apa lagi penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dihadapan tokoh-tokoh masyarakat saat melakukan kunjungan kerja ke Asam Jujuhan beberapa bulan yang lalu.

Komitmen tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Plt Camat Asam Jujuhan dengan membentuk tim kecil yang beranggotakan seluruh Walinagari di Kecamatan mekar ini.

Tim ini pun sudah melakukan pendekatan personal dengan pihak perusahaan agar mau melepaskan sebagian tanah HGU menjadi jalan umum. Melalui salah satu direkturnya sudah memberi sinyal hijau. Atas dasar itu Dinas PUPR melakukan survey dan pada Juni lalu sudah diterbitkan gambar proyek pembangunan aspal hot mix yang terdiri dari ruas Simpang Pos Sinamar – Batang Pangian- Blok D Sitiung IV Koto Besar.

Keluarnya gambar rencana jalan tersebut kemudian ditindaklanjuti Plt Camat Asam Jujuhan Imam Mahfuri dengan mengirim surat permintaan persetujuan dari manajemen PT Incasi Raya di Padang, dengan harapan pihak perkebunan menerbitkan persetujuan dimulainya pembangunan jalan tersebut.

Akan tetapi, surat dimaksud belum ditanggapi PT Incasi Raya sudah melakukan Replanting besar-besaran. Hal ini tentu saja menimbulkan kegundahan Walinagari Sinamar Marzuki manakala jalan yang sudah puluhan tahun diimpikan masyakarat terancam buyar.

“Kalau perusahaan sudah melakukan replanting peta gambar yang sudah dibuat bisa tumpang tindih”, ujar Marzuki.
Terkait dengan hal tersebut Plt Camat Asam Jujuhan mengaku sudah melaporkan kepada Bupati Dharmasraya, dengan harapan agar orang nomor satu di Bumi Cari Nan Tigo tersebut berkenan mempimpin negosiasi langsung dengan perusahan.

“Kami khawatir kalau negosiasi yang kami lakukan gagal maka perlu waktu puluhan tahun lagi untuk membebaskan Asam Jujuhan dari keterisoliran” terang Imam. ( Rjl/am )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *