Pilarbangsanews. Com. Bukittinggi,-

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Idul Adha 1438 H / 2017 M di Bukitinggi, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bukittinggi menggelar rapat dengan unsur terkait yang dilaksanakan di TUP Sekretaris Daerah, Selasa (22/8)., 

Rapat yang dihadiri oleh Wakil Walikota Bukittinggi, Kepala Kemenag, Asisten II, perwakilan dari Polres dan Kodim serta SKPD terkait tersebut membahas tentang teknis pelaksanaan kegiatan mulai dari tempat pelaksanaan kegiatan memeriahkan dengan acara “Bukittnggi Bertakbir”, tempat sholat Idul Adha hingga petugas pengamanan.

Sebagaimana disampaikan Ketua PHBI Bukittinggi Khamidir Tuanku Nan Elok bahwa  Idul Adha tahun ini yang akan bertindak sebagai Kahtib nantinya adalah DR.Firdaus, M.AG yang merupakan Wakil Rektor UIN Padang dan yang bertindak sebagai Imam adalah Syafruddin imam Masjid Al-Anif Bukittinggi.

Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya pelaksanaan shalat Idul Adha dilaksanakan di Lapangan Wirabraja atau Kantin Bukittinggi yang dimulai pada pukul 07.00 Wib, ujar Khamidir.

Khamidir juga menambahkan bahwa satu hari sebelum hari H yang dimulai pada pukul 16.00 Wib. dilaksanakan kegiatan “Bukittinggi Bertakbir” yang diisi dengan kegiatan Tausiah dan penampilan kesenian yang bernuansakan Islami oleh pelajar dari MAN 1, MAN 2, SMA 1 dan SMA 3 Bukittinggi, disamping itu juga ada penampilan Tahfiz cilik putra dan putri yang merupakan utusan dari Kota Bukittingg nantinya ke MTQ Tingkat Sumatera Barat dan acara akan diakhiri dengan pemukulan Bedug bersama Walikota dan Forkompimda dan berakhir pukul 22.00 Wib, ungkapnya. 

Sementara itu Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi mengingatkan kepada peserta rapat dan panitia agar semua SKPD dan seluruh warga kota secara emosional haruslah terlibat. 

“pada malam Bukittinggi Bertakbir semua SKPD harus terlibat untuk menyukseskan, begitupun publikasi sangat diperlukan agar semua warga kota secara emosional terlibat dan dimintakan kehadiran dari seluruh majelis taklim yang ada di Kota Bukittingi, kegiatan malam itu cukup dibatasi sampai pukul 22.00 Wib dengan memakai pakaian bernuansa putih,” ujar Irwandi. (ylm)
 
 

By Pilar