Pilarbangsanews.com.Padang,-

Penggunaan terumbu karang dan pasir laut untuk kegiatan pembangunan berbagai fasilitas pariwisata dan bisnis di kawasan pesisir pantai sangat bertentangan dengan nilai-nilai konservasi laut. Tindakan yang tidak ramah lingkungan ini semestinya ditindak serius, Pemerintah melalui dinas Kelautan dan Perikanan, Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup serta Aparat Kepolisian musti bergerak bersama mencegah dan menindak pelaku yang terlibat dalam pengrusakan  lingkungan ini.

Penggunaan terumbu karang khususnya, dapat di pandang sebagai kejahatan lingkungan, mirisnya lagi di sebagian pulau-pulau di kawasan pesisir Sumatera Barat yang dikelola pelaku bisnis dengan fasilitas  penginapan dan fasilitas lainnya patut di duga menggunakan terumbu karang dan pasir laut untuk membuat berbagai fasilitas yang dimaksud. Perlu kita selidiki bersama, jika benar demikian; maka terkutuklah bisnis tersebut.

Terumbu karang merupakan ekosistem laut yang memiliki peran penting bagi perkembangbiakan biota laut. Ekosistem terumbu karang memiliki banyak fungsi, diantaranya; pelindung ekosistem pantai, penghasil oksigen sama halnya dengan hutan di daratan, tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis biota laut. Ekosistem terumbu karang terus mendapat tekanan dari waktu ke waktu, selain karena faktor perubahan iklim namun tekanan terbesar datang dari manusia yang tidak ramah lingkungan. Mereka kerap sekali menggunakan alat tangkap yang dapat merusak terumbu karang, menggunakan Bom dalam menangkap ikan, menggunakan racun, menggunakan pukat harimau dan penangkap ikan yang berlebihan (Overfishing). Tidak ketinggalan limbah industri, limbah domestik dan limbah pertanian juga mendominasi mempengaruhi kerusakan terumbu karang.

Harus ada upaya serius yang mesti dilakukan segera oleh Pemerintah dan melakukan penyelamatan ekosistem terumbu karang yang ada di Sumatera Barat. Terumbu karang merupakan “surga bawah laut”, kekayaan alam yang tak terhingga nilainnya dan merupakan  rahmat Tuhan yang wajib di syukuri.

 Peningkatan kesadaran manusia atas prilakunya harus ditingkatkan, agar mampu berbuat untuk pelestariannya. Kesadaran akan pentingnya ekosistem terumbu karang adalah bagian dari upaya menjaga lingkungan. 

Pemerintah harus berada di lini depan guna memimpin gerakan kampanye penyelamatan terumbu karang dengan mengandeng berbagai pihak; akademisi, peneliti-peneliti kelautan dan terumbu karang, pengiat lingkungan, organisasi lingkungan, mahasiswa dan masyarakat luas lainnya.

Pemerintah harus menyiapkan kebijakan yang mampu melindungi lingkungan. Berbagai program harus dibuat dalam rangka merehabilitasi ekosistem terumbu karang yang rusak. Kampanye-kampanye penyadaran harus digencarkan serta berbagai upaya penyelamatan lingkungan lainnya yang menuntut dilakukan secara global.

Terima kasih

By Pilar