Dharmasraya, Pilar Bangsa News – 

Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Datuak Rajo Medan membuka kegiatan Desiminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang dilaksanakan oleh Pemkab Dharmasraya bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), di Nagari Pulau Mainan Kecamatan koto Salak, Jumat (22/9). 

Kegiatan ini mengangkat tema “Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi Daerah”.

Hadir dalam kegiatan ini DPRD Dharmasraya yang diwakili oleh Bapak Suparjo, camat Koto Salak, Wali dan perangkat Nagari Pulau Mainan serta masyarakat petani dan gabungan kelompok tani Kecamatan Koto Salak.
Hardi julendra SPt Msc. Ketua Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI dalam sambutannya mengatakan, pentingnya pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“khusus di Kabupaten Dharmasraya, pengembangan harus terus ditingkatkan terutama di bidang pertanian untuk menambah nilai ekonomi terhadap produk pertanian serta pengembangan potensi daerah”, ujar Peneliti LIPI ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Amrizal Dt. Rajo Medan, S.Sos. S.Sos. mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, terutama kepada LIPI yang telah membuat program tepat guna di Kabupaten Dharmasraya. 
“InshaAllah, Pemkab hadir untuk kepentingan masyarakat, seperti penyediaan bibit perkebunan dan pertanian, tetapi masyarakat juga harus proaktif.  

Terima kasih kepada LIPI yang juga mendukung Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang pertanian dan perkebunan di Kabupaten Dharmasraya” ujar Wabup. 
Di sisi lain, Wabup Rajo Medan juga mendorong petani untuk terus mengapgrade pengetahuan dan kemampuan dalam bertani, sedangkan kelengkapan infrastuktur bidang pertanian dan perkebunan  akan terus dilengkapi secara bertahap melihat skala prioritas yang ada di lapangan. 

“Indikator sederhana negara maju adalah keberpihakan daerah pada pengembangan iptek. Dan hari ini di Dharmasraya, kita terus mendorong untuk perkembangan ilmu dan pengetahuan”, lanjut Wabup Bupati Dharmasraya membuka kegiatan secara resmi.

Dalam kegiatan ini, LIPI memberikan bantuan bibit unggul kakao dan jati premium kepada Pemkab Dharmasraya, yang kemudian diserahkan langsung kepada perwakilan petani Dharmasraya yang hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan diakhiri dengan penanaman bibit kakao dan jati premium bersama masyarakat, oleh Wabup Amrizal Dt Rajo Medan, Perwakilan LIPI dan Anggota DPRD Dharmasraya di sekitar lingkungan Kantor Wali Nagari Pulau Mainan. (Rjl/ hms)

By Pilar