Dharmasraya, Pilar Bangsa News -Kenagarian Sungai Dareh didatangi oleh Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Dharmasraya Kompol Rendra Eko Cahyono,S.iK beserta rombongan diruangan pertemuan kantor Wali Nagari dalam acara Sosialisasi Pungutan Liar (Pungli) di Nagari Sungai Dareh,Selasa 26/09/2017.

Wali Nagari Sungai Dareh Henrianto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Tim Saber Pungli yang telah dapat menyelenggarakan Sosialisasi Pungutan Liar (Pungli) di nagari Sungai Dareh sehingga semua unsur masyarakat mendapat angin segar dan pencerahan terhadap pungli tersebut.

Beliau berharap masyarakat dapat mengetahui apa saja yang dikategorikan sebagai pungli baik dalam lingkup instansi terkait, pemerintahan nagari maupun sekolah.

Ketua Tim Saber Pungli Kompol Rendra Eko Cahyono,S.iK yang juga Waka Polres Dharmasraya ini menyampaikan kepada semua unsur masyarakat yang hadir bahwa pungli sering terjadi dalam bidang pelayanan,seperti dalam pengurusan KIR mobil di Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan yang membebaskan biaya sekolah ,pungutan biaya Komite Sekolah, pengurusan KTP/ KK di Disdukcapil,pengurusan sertifikat tanah di BPN dan lain sebagainya.”Apa saja yang dianggap memungut biaya yang telah digratiskan atau melebihi dari biaya yang telah ditetapkan sebelumnya itu dinyatakan pungli,”ungkap Waka Polres.

Dalam kesempatan tersebut Panitia Saber Pungli membuka sesi tanya jawab dan dijelaskan sepenuhnya oleh Ketua Tim Saber Pungli apa – apa saja yang menjadi keraguan bagi unsur – unsur masyarakat yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Camat mewakili,Babin Kamtibmas,Bamus,Niniak Mamak,Kepala Sekolah ,Tokoh Masyarakat,Bundo Kanduang serta unsur masyarakat dilingkup kenagarian Sungai Dareh.(Rjl)

By Pilar