Lisda

Pantai Pinus Kapuh Objek Wisata Baru Di Pesisir Selatan Sumbar

PILARBANGSANEWS. COM.  PAINAN ,– Pantai Pinus Kapuh disingkat dengan  Papinka,  terletak Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, Selasa (24/10) diresmikan  oleh Ketua TP-PKK Pessel Lisda Rawdha, sebagai kawasan destinasi wisata di Kabupaten sejuta pesona ini.

Peresmiannya ditandai dengan  menabuh beduk secara berbarengan oleh Lisda Rawdha, Camat Tarusan, Gusdan Yuwelmi dan Kapolsek  AKP Sumardi serta Walinagari Kapuh.
 
Dalam sambutannya Lisda mengatakan, bahwa kawasan wisata Pantai Pinus Kapuh (Papinka),  salah satu kawasan yang dapat dijadikan sebagai penunjang objek  Mandeh. 
Untuk menjadikan kawasan ini sebagai destinasi (pilihan) wisatawan,   diperlukan  dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat, terutama menjaga keamanan dan ketertiban, serta ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

“Tidak cukup sampai disitu,  keramahan warga saat wisatawan berkunjung ke pantai ini juga salah satu daya tarik bagi pengunjung,” katanya.

Untuk menambah keindahan kawasan wisata Papinka ini, maka kita harapkan kepada Pemerintah Nagari bisa  melakukan percepatan pembangunan dengan cara melengkapi sarana dan prasarana yang ada. Hal itu bertujuan, agar kawasan wisata kita ini cepat dikenal masyarakat luas,” harapnya.

Menurutnya, demi tercapainya suatu kemajuan daerah, khususnya di bidang Pariwisata. Maka diharapkan pula kepada setiap Wali Nagari jangan hanya fokus kepada anggaran Dana Desa saja, akan tetapi harus mampu mencari donatur dan sejumlah pihak swasta untuk melakukan investasi pada masing-masing daerah. 

“Suatu daerah bisa maju, apabila penduduknya ramah dan sopan. Apalagi kalau masyarakatnya mampu berinovasi menampilkan, tentu akan dapat menarik minat pengunjung  datang ke daerah kita. Seperti rumah pohon yang sudah mulai dibangun disejumlah tempat wisata saat ini. Jika kita hanya mengandalkan keindahan alam semata, itu masih belum cukup, intinya harus ada tata kelola yang baik,” sebut Lisda.

Sementara itu, Camat Koto XI Tarusan Gusdan Yuwelmi, mengatakan, peresmian kawasan wisata Pantai Pinus Kapuh (Papinka), sekaitan dengan penyambutan hari Sumpah Pemuda. Selain untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di pantai Kapuh tersebut, pihak Nagari sengaja mengadakan festival seni dan budaya antar Nagari se Kecamatan Koto XI Tarusan.

Sementra itu Wali Nagari Kapuh, Ezman, mengatakan,  dia mendapat respon positif dari seluruh masyarakat dan pihak Kecamatan menjadikan  Pantai Kapuh sebagai objek wisata. 
Dalam upaya promosi, wali Nagari bersama Bamus dan pemuda   menggelar sejumlah kegiatan festival antar Nagari se Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Acaranya kita cukup sederhana saja, seperti pertandingan Futsal, Volly Pantai, lomba lagu bernuansa kebangsaan dan nasional, lomba pemakaian Baju Kuruang Basibak, dan sejumlah lomba permainan anak anak. 
Bagi pemenang juara pertama, akan diberikan bonus senilai Rp 1,5 juta. Juara dua Rp 1 juta, dan juara tiga akan mendapat bonus senilai Rp 500 ribu,” jelasnya. (Ok/RP)
Sumber Relasipublik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *