Bupati Pessel Hendrajoni Nikahkan Putri Sulungnya

PILARBANGSANEWS.COM. JAKARTA,- 
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni Dt Bandobasou, menikahkan Putri sulungnya, Rani Gustiara Ayu, SH dengan pemuda   Akbar Nugraha, SE, MM berlangsung Di albergo Ballroom lantai 5 The Bellezza Permata Hijau, Jakarta  Selatan, Minggu (29/10).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sengaja hadir untuk menjadi  saksi bagi mempelai wanita dalam pernikahan Putri sulung Bupati Hendrajoni, dengan pemuda pilihan sang putri yang berasal dari Bantaeng Sulawesi Selatan.

Sementara saksi mempelai pria langsung tampil paman  dari mempelai pria,  Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ikut memberikan tausyiahnya. Gubernur mengajak semua yang hadir ikut mendoakan   kedua mempelai dapat mewujudkan keluarga sakinah, mawadah warahmah.

Sebagai pilhak keluarga Lisda Rawdha, mengucapkan terima kasih   kepada  Gubernur Irwan Prayitno dan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah  yang telah bersedia menjadi saksi kedua mempelai dan memberikan nasehat serta wejangan kepada pengantin.

“Mohon doa restu dari sahabat, kakak, adik dan dunsanak semua nya, semoga kedua mempelai menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warramah. Amin YRA,” kata Lisda Rawdha diakun Facebooknya. 

Kami kru Pilarbangasanews.com juga ikut mengucapkan semoga kedua pengantin dapat menjadikan pernikahan mereka menjadi keluarga samawa. Aamiin Aamiin YRA.

Baralek Gadang

Informasi yang diperoleh Pilarbangasanews.com, acara resepsi pernikahan akan dilangsungkan pada tanggal 3,4,5 dan 6 Nopember yang akan datang.

Acara baralek (kenduri-pen) putri sulung Bupati ini dilangsungkan menurut adat tradisi masyarakat Pesisir Selatan. Selama 2 hari pada tanggal 3 dan 4 Nopember ribuan warga Pessel akan datang beramai-ramai mengikuti prosesi maata bako.


Usai acara babako, pada hari Minggu  5 oktober resepsi khusus tamu undangan  dari provinsi dan kota lainnya. Malamnya dilanjutkan menggelar acara hiburan rakyat.

Pada hari Senin (6/11), dilanjutkan  resepsi khusus tamu dilingkungan Kabupaten Pesisir Selatan.


Maata Bako adalah salah satu rakaian acara dalam prosesi resepsi pernikahan di Ranah Minang. Bako  sebuah istilah dalam kekerabatan di Ranah Minang. Yang dikatakan bako itu,  semua saudara garis keturunan orang tua laki laki kita ( pihak ayah).


Salah satu tugas Bako melaksanakan hantaran kepada anak pisangnya ( anak saudara laki lakinya) disaat anak pisangnya melangsungkan acara resepsi pernikahan, seperti yang akan dilaksanakan oleh Rani Putri sulung Hendrajoni.

Bupati Hendrajoni Dt Bandobasou, bagi warga Pesisir Selatan pastinya dianggap sebagai saudara laki laki bagi semua ibu ibu di bekas residen Banda Sapuluah ini. 

Merupakan sebuah kewajiban bagi ibu ibu di Kabupaten Pesisir Selatan, saat saudara laki laki mereka  menikahkan putranya/putrinya dihantari oleh bakonyo yang tergabung dalam kelompok PKK Kanagarian dan Kecamatan di Kabupaten terpanjang ini.


Diperkirakan Ribuan  ibu ibu PKK ikut meramaikan acara Maata Bako itu nantinya. Kita adakan acara khusus maata Bako selama dua hari karena banyaknya permintaan dari ibu ibu PKK Nagari dan Kecamatan ingin berpartisipasi memeriahkan helat gadang   Putri sulung pemimpin mereka,” kata salah seorang panitia kepada Pilarbangasanews.com di Painan. (LR/YY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *