Kriminal

Polisi Akan Terus Mencari Siapa Pelaku Penyiraman Terhadap Novel Baswedan


PILARBANGSANEWS. COM,-JAKARTA,-



Masalah yang menimpa Novel Baswedan masih merupakan Pekerjaan rumah bagi penyidik Polda Metro Jaya..sdh kurang lebih enam bulan kasus penyiraman tersebut belum terungkap juga siapa pelakunya.. walaupun sudah lima orang di duga pelaku di amankan dan diperiksa oleh penyidik….namun semuanya disimpulkan tidak terlibat.

Dalam pengungkapan suatu kasus.. penyidik biasanya sering menggunakan tehnik atau metode induktif dan deduktif.. induktif yaitu penyidikan berangkat dari tempat kejadian perkara..hasil olah TKP dijadikan bahan untuk membuka peristiwa yg terjadi sebenarnya tentunya di tambah dgn saksi2 yg bisa di dapatkan..sedangkan deduktif.. penyidik berangkat dari motif yg diduga melatar belakanginya..kemudian mencari benang merah siapa saja kira2 yg di duga ada kaitannya dgn kejadian tersebut..

Dua cara ini sering sangat efektif utk.mengungkap kasus pidana yg terjadi..namun banyak peristiwa pidana yg terjadi dilapangan karakteristik tingkat  kesulitan mengungkapnya  berbeda satu sama lain ( berkaitan dgn  modus operandi) type pelaku..waktu..lokasi.. tehnik dll). Dan ini terjadi pada banyak kasus yg ditangani  penyidik.. tidak terkecuali untuk kasus yg menimpa Novel Baswedan.

Seperti di Paris.. ada dua kali Bom meledak di kedubes RI tahun 2004 dan 2012.. sampai saat ini belum juga terungkap..padahal polisi perancis sdh bekerja keras dan sistem CCTV kota paris tergolong canggih pada waktu itu..

Lainnya adalah kasus penembakan anggota Provost Polri di jl. HR Rasuna Said Kuningan..penembakan anggota Polri di daerah Ciputat.. beberapa kasus perampokan dan  kasus pembunuhan .. banyak yg belum terungkap.. 

Belum terungkapnya kasus2  tersebut bukan berarti  karena penyidik tidak bekerja atau tdk serius mengungkap…namun kendala tehnis yg ditemukan dilapangan  sering membuat proses penyidikan menemui  jalan buntu. Dan ini bisa membuat penyidik  harus kembali ke proses awal lagi..

Berkaitan dgn kasus yg yg menimpa NB..pelakunya memang belum terungkap sampai sekarang..namun penyidik Polda MJ sdh melakukan pekerjaannya dgn sungguh2 ..( lima orang sdh diamanakan dan digunakan scientific investigation  utk menguji alibi masing2..dan disimpulkan hasilnya mereka tdk  terlibat.)

Pengungkapan suatu perkara pidana.. kadangkala hanya masalah waktu saja… ada yg cepat.. ada cukup lama  bahkan ada yg lama sekali baru terungkap..karena tingkat kesulitannya  yg berbeda satu sama lain. Penyidik Polda Metro Jaya, dibantu Bareskrim Polri sampai saat ini masih terus berupaya mengungkap dan akan terus  mencari pelaku penyiraman terhadap NB dan sekaligus  juga berharap ada masukan informasi yg signifikaun dari masyarat.. dari korban sendiri atau dari  pihak manapun..untuk bisa dijadikan bahan dalam  mengungkap kasus tersebut.

Oleh: Drs Rikwanto
Penulis adalah Karo Penmas Div Humas Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *