PILARBANGSANEWS.COM. PANCUNG SOAL. Seorang kakek bernama Saih Kamar (84th) ditemukan hangus terbakar bersama pondoknya di Kampung Geti Mudik Nagari Tiga Sepakat Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Kakek Saih oleh warga setempat dikenal sehari hari masih kuat bertani dan berladang ditemukan hangus terbakar hari Senin (6/11) sekitar pukul 10:00  oleh warga setempat bernama Simbolon (45th) dan Devit Andi (30th).

Saat itu Simbolon dan Devit bermaksud pergi bersama sama ke ladang mereka yang lokasinya berhampiran dengan ladang korban.

Begitu memasuki areal perladangan Kakek Saih, kedua orang ini kaget melihat pondok yang digunakan oleh korban tempat beristirahat telah jadi abu dan rata dengan tanah. 

Keduanya semakin bertambah kaget setelah melihat diatas tumpukan bekas pondok yang terbakar itu ada sesosok benda gosong seperti wujud  manusia.

Hasil temuan mereka itu cepat mereka  sampaikan kepada pihak  keluarga korban. Bersama pihak keluarga dan warga setempat beramai ramai mendatangi lokasi. Ternyata memang yang telah gosong terbakar itu adalah Kakek Saih.

Setelah peristiwa ini dilaporkan kepada pihak berwajib dan polisi telah melakukan penyelidikan di TKP, atas izin pihak berwajib jenazah Kakek Saih dibawa kerumah keluarganya untuk dikebumikan dipandam pekuburan kelurahan di Kampung Geti.

Sumber Pilarbangsanews.com, menyebutkan sehari  sebelum kejadian, Kakek Saih Kamar pergi ke ladangnya dan bermalam disana untuk menggaro (mengejutkan) binatang Kera yang selalu merusak tanaman jagung si Kakek. Korban bermalam dan tidur  dipondok itu. 

Diduga kebakaran itu terjadi akibat obat nyamuk yang membongkar lantai pondok disaat Kakek tidur nyenyak.

Namun demikian polisi  di Kecamatan Pancing Soal masih terus melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kebakaran pondok yang mengakibatkan Kakek Saih ikut terbakar bersama pondoknya. (YY)

By Pilar