PILARBANGSANEWS.COM. BANDAR LAMPUNG ,— Sebanyak 75 orang Anggota Polisi berpangkat Bintara yang bertugas dilingkungan Polda Lampung  mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan SAG (Seleksi Alih Golongan). 

Setelah mereka mengikuti pendidikan selama satu bulan, mereka berhak mendapat pangkat Inspektur II (dua) Polisi.

Pendidikan SAG ( seleksi alih golongan) dari Bintara ke Perwira dilaksanakan sesuai telegram Kapolri No. ST/ 2721/XI/ 2017 tanggal 15 November 2017 ditandatangani oleh Karo Dalpers Mabes Polri Brigjen Sudarsono, SH. Msi.

Dari ke tujuh lima Bintara yang lolos ikuti pendidikan SAG ada nama Aiptu Asep Komarudin Panit Reskrim Polsek Teluk Betung Selatan, Aiptu Sunarto anggota Reskrim Polresta Bandar Lampung.

Di dalam Polri ada tiga cara untuk menjadi perwira Polri :
1. Melalui jalur Akpol ( Akademi Kepolisian) dari tamatan SMA atau Sarjana dengan lama pendidikan selama 3 tahun, ketika lulus akan memperoleh pangkat Ipda ( Inspektur Dua) ditugaskan bagian administrasi maupun operasional dan mencetak calon pimpinan Polri.

2. Jalur SIP ( Sekolah Inspektur Polisi) yakni Polisi yang sudah berpangkat minimal Bripka maupun Aiptu dan umur maksimal 45 tahun. Setelah melalui tahapan tes dan ujian tertulis maka yang lulus berhak mengikuti pendidikan Perwira di Bandung Sukabumi selama 7 bulan, setelah lulus berhak menyandang pangkat Ipda ditugaskan bagian operasional maupun administrasi.

3. Jalur SAG ( Sekolah Alih Golongan) pangkat Minimal Bripka dan Aiptu umur minimal 45 tahun dan lamanya pendidikan hanya 1 bulan, setelah lulus memperoleh pangkat Ipda ditugaskan di administrasi.

Upacara Pembukaan PAG yang langsung dipimpin oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Drs Suroso Hadi Siswoyo Msi dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol, Irwasda Kombes Flora Dachi, para pejabat utama Polda Lampung dan para Kapolres jajaran, Senin ( 20/11/2017 )

Pendidikan kali ini merupakan kesempatan pertama kali dipercayakan kepada SPN Polda Lampung. Merupakan kepercayaan, kehormatan dan tanggung jawab kepada SPN Polda Lampung untuk mampu melakukan program dan kurikulum yang direncanakan Mabes Polri kepada 75 Bintara senior terpilih yang dinilai mampu diberi tanggung jawab besar sebagai Perwira Pertama. .

“Jumlah 75 personil merupakan orang terpilih. Kader calon Perwira Pertama bahkan bisa menduduki Perwira Menengah. Jaga kesehatan dan kredibilitas sepanjang menempuh karir dikepolisian. Jaga kesehatan dan kehormatan diri dan keluarga. Saya menaruh harapan kalian sebagai pengisi jabatan kosong yang belum terisi dijajaran Polres. Kalian harus mampu menunjukkan kredibitas dibanding anggota lain, ” tegas Kapolda saat menyampaikan amanatnya. (KD/BE-1/M. Rasyid Aziz)

By Pilar