PILARBANGSANEWS.COM. BATANG KAPEH,–

Sudah lama diimpikan, baru tahun ini impian Kepala SMA Negeri 1 Batang Kapas, Sarudin S.Pd jadi kenyataan. Impian apa yang telah jadi kenyataan bagi kepala sekolah yang satu ini? Yakni pengakuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahwa di sekolahnya wajar diberikan piagam Adiwiyata.

Penyerahan Piagam Adiwiyata akan diterima oleh Kepala SMA Negeri 1 Batang Kapas langsung dari Mentri KLHK Siti Nurbaya Bakar, bertempat di lobby Auditorium Dr. Ir Soedjarwo, Gedung dan Area Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat dalam acara Gebyar Generasi Nuda Indonesia Bela Lingkungan (Gemilang). Kamis lusa (21/12)

Sarudin akan menerima piagam itu bersama 28 orang kepala SD, SMP dan SMA sedarjat  dari Provinsi Sumatera Barat. 

Di Kabupaten Pesisir Selatan hanya 2 sekolah yang mendapat piagam Adiwiyata ini, SMA N 1 Batang Kapas dan SD No 1 Barung Barung Berlantai, Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Pemberian piagam ini melalui proses penilaian yang ketat dan berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi. Terkahir penilaian dilakukan oleh tim dari Kementrian KLH. Makanya piagam ini jadi impian bagi Sahrudin S.Pd.

Atas keberhasilan SMA Negeri I Batang Kapeh dan SD N 1 Barung Barung Berlantai menerima piagam dari Menteri KLKH, Kepala Dinas KLKH Pessel Ir. Nelly Armidha MM, dan Ketua TP-PKK Pessel Lisda Rawdha secara terpisah mengatakan kegembiraan mereka. 

“Mantaf itu SMA N I Batang Kapeh dan SD No 1 Barung Barung Berlantai, mewakili Pessel di Tingkat Pusat,” ujar Lisda Rawdha.

Lisda Rawdha.

Kepala Dinas KLKH Pessel Ir Nelly Armidha MM

“Pak YY tolong sampaikan ucapan selamat saya pada ke 2 Kepala Sekolah yang bersangkutan, ternyata di penghujung tahun 2017 kita masih mendapat kabar gembira, ya, ”  ujar Nelly kepada wartwan Pilarbangasanews.com setelah dia mendapat kabar terkait penghargaan Adiwiyata itu.

Sedikit tentang  Drs. Sarudin S.Pd,  dia boleh dibilang terlama menjabat kepala sekolah di SMA ini, 4 tahun sudah, banyak kemajuan pembangunan fisik sekolah yang telah diraihnya. Sekolah yang dulu gersang, kini telah dipenuhi dengan pohon pohon rindang.

Jika kita berada disekolah ini, kita mencium aroma udara lingkungan yang asri dan nyaman, serasa berada ditempat destinasi wisata, namun baru sadar bahwa disana adalah lingkungan  sekolah pendidikan, melihat  warganya memakai seragam sekolah. 

Pembangunan fisik sekolah memang sudah berhasil  kita genjot namun kita masih belum mampu menjadikan sekolah memiliki  kwalitas output  yang membanggakan. Di SMA ini alumninya baru 6 orang yang talah menamatkan studi sebagai dokter umum dan beberapa orang  sarjana berbagai bidang disiplin ilmu.

Diakui oleh ayah  dari 3 orang putra ini, dari aspek kwalitas SMA Batang Kapas masih berada dibawah SMA yang ada di Kabupaten.

Namun demikian, Sarudin tetap optimis suatu saat kwalitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya ini bisa sejajar dengan sekolah sekolah yang telah lebih dahulu meraih kesuksesan.

Meningkatkan mutu pendidikan, kata Syahruddin, tidak semudah membalik telapak tangan sebab banyak pihak dan komponen yang berperan didalamnya. Namun secara bertahap kami akan coba memperbaiki komponen yang kurang berperan sehingga menjadi sebuah sinergis yang harmonis.
Kini dengan berhasilnya SMA Negeri 1 Batang Kapas mendapat piagam Adiwiyata ini, secara bertahap komponen itu telah mulai bergerak. 


Apa itu Adiwiyata?



Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideauntuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita cita pembangunan berkelanjutan.Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

Mengingat sejarah dan manfaatnya yang sangat besar, Adiwiyata diharapakan bukan sebatas nama program untuk tujuan lomba saja, tetapi bisa dilaksanakan oleh semua pihak yang peduli lingkungan hidup, karena program ini terbukti mampu membangun karakter generasi bangsa. (Nofsan)

Ucapan Terima Kasih Kepsek

Beberapa jam setelah berita terkait Piagam Adiwiyata ini diposting, wartawan Pilarbangasanews.com Yuharzi Yunus (YY) mendapat kiriman pesan dari Kepala SMA N 1 Batang Kapas.

Ini pesannya:

“Uda YY,   berita media Uda mambuek adiak  tersanjung … tarimo ksh banyak kanda… tlg sampaikan rasa terima kasih dan salam  hormat kami dari keluarga besar sman 1 batang kapas kepada Bpk Bupati beserta Ibu dan Ibu Kepala Dinas LH yang telah memberikan motivasi dan bimbingan yang luar biasa sehingga predikat sekolah adiwiyata nasional dapat diraih tahun ini dan kami mohon bimbingan untuk menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri untuk  tahun depan  ( Sarudin S.Pd)

By Pilar