PILARBANGSANEWS.COM, DHARMASRAYA – Pada tahun anggaran 2017 Kemendes PDTT menginisiasi pelaksanaan program inovasi desa (PID), yang dirancang untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan desa Bursa Inovasi Nagari Kabupaten Dharmasraya.

Salah satu kegiatan atau ide dalam merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan di desa/nagari adalah dengan melaksanakan bursa inovasi Desa/Nagari di tiap daerah penerima dana desa, yang diselenggarakan di Auditorium kabupaten Dharmasraya, Rabu (20/12).

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengharapkan kepada setiap Nagari mampu memicu munculnya Inovasi dan pertukaran pengaturan secara partisipatif, dan mampu menggali potensi yang ada di nagari, mulai dari sumber daya alam, sumber daya manusia, pelayanan sosial serta infrastruktur perdesaan, “harapan Bupati”.

Program inovasi desa Dengan moto “Datang, Komit, Tiru, Maju” proses ini yang memanfaatkan pertukaran pengalaman dari satu negara ke negara lain melalui forum bursa inovasi Nagari, sehingga tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan Nagari.

Bupati Dharmasraya juga menyampaikan nantinya diharapkan pada Wali Nagari, Bamus, LPM bersama masyarakat bisa bermusyawarah untuk menentukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kreatif, inovatif dan produktif yang dapat diterapkan pada Nagari masing-masing, “ajakan Bupati”

(nofsan)

By Pilar