Bukittinggi

Walikota Ramlan Nurmatias Berikan Reward kepada Lurah



PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,– 
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias didampingi Sekretais Daerah Yuen Karnova dan Asisten Administrasi Umum Zet Buyung berikan rewards kepada Lurah yang telah memberikan kontribusi terhadap Pemerintah Daerah melalui sektor pajak, Kamis (21/12).

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Heriman, target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 sebesar Rp.3,2 Milyar dengan wajib pajak sebanyak 20.622 wajib pajak. Capaian realisasi sampai tanggal 20 Desember 2017 mencapai 105 persen.

“dari 24 Kelurahan yang ada di Kota Bukittinggi hanya 18 Kelurahan yang mencapai target sesuai dengan yang ditentukan dan ada 6 kelurahan lagi yang tidak mencapai target. Masing – masing kelurahan tersebut dalam pencapaian targetnya juga diberikan klasifikasi yang akan menentukan jumlah reward yang akan diterima masing – masing lurah”, terangnya.

Untuk klasifikasi I yang mencapai perolehan seratus persen pada bulan September hanya satu kelurahan yakni kelurahan Birugo, klasifikasi II yang mencapai seratus persen pada bulan Oktober adalah kelurahan Bukit Cangang, Aur Tajungkang Tangah sawah, Benteng Pasar Atas, Kayu Kubu, Pulai Anak Air, Koto Selayan, Manggis Ganting, Puhun Pintu Kabun, Belakang Balok, Ladang Cakiah dan kelurahan Parit Antang.

Sedangkan yang termasuk klasifikasi III adalah yang mencapai seratus persen pada bulan Nopember ada tiga kelurahan yaitu kelurahan Tarok Dipo, Pakan Labuah dan kelurahan Kubu Tanjung. Sedangkan yang termasuk klasifikasi IV adalah kelurahan yang mecapai seratus persen sebelum tanggal 20 bulan Desember yaitu kelurahan Pakan Kurai, Bukit Apit dan kelurahan Campago Ipuh.

Kemudian Heriman juga menjelaskan bahwa kepada Lurah yang telah mencapai target tersebut tidak hanya diberikan reward berupa uang tetapi juga dibawa untuk studi comparative ke Kota Tangerang dan Kabupaten Serang pada tanggal 5 sampai tanggal 8 Desember 2017 yang lalu, tambahnya.

Walikota Ramlan Nurmatias dalam sambutannya sangat mengapresiasi bagi lurah – lurah yang telah mencapai target dan bersungguh – sungguh dalam melakukan pemungutan PBB.

“Kita tentunya bangga dengan hasil ini, walau hanya 18 kelurahan yang mencapai target namun dengan capaian 105 persen dari target yang ditetapkan. Kami mengapresiasi kepada lurah yang telah memenuhi tanggung jawabnya dibidang tersebut, walaupun ada di kelurahan tersebut memiliki personil yang sangat terbatas”, jelas Ramlan.

Kepada lurah yang tidak mencapai perolehan seratus persen PBB-nya, walikota Ramlan meminta alasan dan kendalanya masing – masing dan terungkap bahwa rata – rata para lurah mempunyai kendala karena kurangnya tenaga / petugas untuk melaksanakan pendistribusian SPPT dan pemungutan PBB dan Alamat wajib pajak yang banyak berada di luar daerah serta tidak sesuainya jumlah nilai pajak dengan kondis riil di lapangan.
Kondisi dengan alasan kekurangan personil ini akan segera ditindak lanjuti oleh Walikota dengan menghadirkan Kepala BKPSDM, dan walikota juga berjanji pada awal tahun depan akan berkantor di Kelurahan untuk melihat secara langsung kendala dan permasalahan yang dihadapi kelurahan, karena kelurahan adalah ujung tombaknya pemerintahan, ujarnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut masing – masing Camat di tiga kecamatan, Kadis Satpol PP dan Kepala BPSDM. (Ylm)
 
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *