.

3 Orang Warga Selamatkan Petugas Dari Amukan Massa

Pilarbangsanews.com, Nias Selatan, Selamatkan anggota dari amukan massa, Kapolres Nias Selatan berikan penghargaan kepada warga 3 orang warga Desa Hilimaniamolo Kecamatan Luahagundre Kabupaten Nias Selatan, Rabu Pagi (06/06) mendapat penghargaan dari Kapolres Nias Selatan. karena warga tersebut telah menyelamatkan seorang personil Polsek Teluk Dalam dari amukan massa, saat hendak menangkap seorang pelaku pencurian.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kapolres Nias Selatan, AKBP Faisal F. Napitupulu di Lapangan Mapolres Nias Selatan, usai menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018. Ketiga warga tersebut masing masing Amanat Zebua, Niscaya Saoiyago dan Abadi Saoiyago.

Faisal menjelaskan, seorang personil polsek teluk dalam nyaris menjadi korban amukan massa di Desa Hilimaniamolo Kecamatan Luahagundre Kabupaten Nias Selatan, Minggu malam (03/06) kemarin. “Saat itu anggota atas nama Bripda Nurham baru selesai melakukan pengamanan pada kegiatan pengobatan gratis di Kecamatan Lauhagundre. Pada saat Bripda Nurham hendak pulang, dirinya melihat 2 orang yang berboncengan sepeda motor mengambil helm milik nya, yang terletak di atas motor nya”, ujar Faisal.

Nurham kemudian mengejar kedua pelaku hingga ke Desa Hilimaniamolo Kecamatan Luahagundre. Kedua pelaku sempat diamankan oleh Nurham. Nurham kemudian membawa seorang pelaku untuk mencari helm yang telah dibuang, sementara seorang pelaku lain dititipkan kepada warga. Saat menemukan helm miliknya, Nurham kemudian kembali ke lokasi tempat seorang pelaku dititipkan. Namun saat tiba dilokasi pelaku sudah tidak ada, dan warga mengatakan bahwa pelaku sudah dijemput oleh keluarga nya. Bripda Nurham yang kesal sempat berteriak namun warga sekitar menyangka Nurham mencaki maki masyarakat.

Warga kemudian mengepung Bripda Nurham dan melakukan pemukulan di bagian wajah, leher dan punggung nya. Nurham kemudian melarikan diri, masuk ke rumah milik keluarga Amanat Zebua dan meminta perlindungan. Amanat Zebua kemudian menghubungi aparat desa dan petugas kepolisian, karena warga sudah mengepung rumah nya dan meminta agar Bripda Nurham dikeluarkan dari dalam rumah. Situasi dapat dikendalikan setelah personil Polres Nias Selatan tiba di lokasi dan membawa Bripda Nurham ke Polres.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tinggi nya kepada Bapak Ibu yang telah menolong personil Polsek Teluk Dalam dari amukan massa. “Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kepada anggota tersebut jika Bapak dan Ibu tidak memberikan pertolongan. Untuk itu, apa yang diberikan oleh Polres Nias Selatan ini tidaklah sebanding dengan dedikasi dan pertolongan yang telah Bapak Ibu berikan. Kami berharap agar peristiwa ini menjadi langkah awal dari hubungan yang baik antara Polri dan Masyarakat, guna memaksimalkan kinerja Polri di tengah tengah masyarakat”, kata Faisal.

Polres Nias Selatan memberikan Piagam Penghargaan dan SIM gratis sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada 3 warga tersebut. Upacara pemberian penghargaan tersebut dihadiri oleh Danlanal Nias, yang mewakili Bupati Nias Selatan, yang mewakili Kajari Teluk Dalam, TNI AD, Petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP, Tokoh Masyarakat, dan seluruh Perwira dan Personil Polres Nias Selatan.(Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *