Setiap tanggal 10 Oktober SMA Negeri 4 Banjarmasin yang berlokasi di Jalan Teluk Tiram Darat, Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin merayakan hari ulang tahunnya.

Pada hari Rabu, 10 Oktober 2018 kali ini SMA Negeri 4 Banjarmasin sudah 41 tahun mengabdikan diri. Bekerja bersama mewujudkan pendidikan anak negeri. Dengan menyiapkan kecerdasan intelektual, spritual, dan emosional secara mandiri. Agar menjadi siswa berkarakter Indonesia yang sejati. Sehingga senantiasa fokus di jalan kebenaran dalam meraih cita-cita dan prestasi.

Perayaan ulang tahun yang ke-41 kali ini sebelumnya dilaksanakan berbagai lomba seperti paduan suara dan paskibra antar siswa SMA se-Kota Banjarmasin Begitu juga aksi sosial berupa pembagian nasi bungkus dan bingkisan sembako kepada tukang ojek dan warga yang tidak mampu.

Sedangkan kegiatan ulang tahun lainnya yang spesial adalah pelaksanaan karnaval yang diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 4 Banjarmasin dengan berjalan kaki mulai Jalan Teluk Tiram Darat, RE Martadinata, Lambung Mangkurat hingga kembali menuju SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Kegiatan karnaval ini merupakan ajang para siswa untuk menampilkan kreatifitas mereka masing-masing. Ada yang menampilkan tema berbagai profesi kerja seperti Pramugari, pilot, TNI, Polisi. Ada juga tema tentang adat Banjar mengenai perkawinan. Begitu juga dengan kreatifitas pemanfaatan bahan bekas koran dan karung yang dibuat dengan sangat menarik.

Penampilan karnaval yang dilaksanakan pada setiap perayaan ulang tahun tentu saja sangat menarik warga kota Banjarmasin. Mereka berbondong-bondong menyaksikan aksi kreativitas para siswa SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Bahkan mantan wali kota Banjarmasin, Irwan Anshari, alumnus SMA Negeri 4 Banjarmasin sejenak menyempatkan diri hadir ikut menyaksikan karnaval bahkan foto bersama dengan peserta rombongan karnaval, ketika peserta karnaval melintasi kantor Pemerintah Kota Banjarmasin.

Acara ulang tahun kali ini lebih terasa meriah dan spesial juga karena ditampilkannya drum band SMA Negeri 4 Banjarmasin yang baru dibentuk, namun sudah memiliki prestasi peringkat 2.

Selesai karnaval acara hari ulang tahun dilanjutkan dengan hiburan kreatifitas para siswa SMA Negeri 4 Banjarmasi. Ada penampilan kabaret yang berjudul “Dilan Ala Banjar” yang diperankan oleh guru dan siswa. Ada juga tarian daerah, dance, dan karate.

Ajang hiburan yang ditampilkan oleh para siswa tentu saja menghibur para tamu undangan yang hadir, diantaranya, Babinsa, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provkalsel, Kepala SMA se-Kota Banjarmasin, mantan Kepala SMA Negeri 4 Banjarmasin dari berbagai priode.

Acara ulang tahun kali ini juga dimeriahkan dengan pelaksanakan doorprize dengan hadiah yang sangat menarik ada televisi, kipas angin, setrika, sepeda dan hadiah hiburan lainnya.

Kepala SMA Negeri 4 Banjarmasin, Tumiran, S.Pd, M.M, mengungkan bahwa siswa SMA itu memang memiliki jiwa kreatif yang perlu disalurkan. Kemudian karakter kebersamaan mereka sangat penting. Sehingga melalui ulang tahun mereka diharapkan dapat bekerja bersama memadukan keberagaman untuk menghasilkan karya yang lebih bagus.

Sedangkan Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdukbud Provkalsel, Muhammadun, mengungkapkan semoga SMA Negeri 4 bisa semakin berkembang maju. Siswanya banyak memperoleh prestasi. Sehingga bisa menjadi sekolah rujukan bagi SMA lainnya.

Pihak Pemerintah terus mendukung terhadap perbaikan dan pengadaan sarana prasarana seperti ruang kelas, WC dan infrastruktur lainnya. Agar SMA Negeri 4 Banjarmasin menjadi sekolah yang bisa dibanggakan. Sehingga diharapkan di usianya yang ke-41 dengan semakin banyak prestasi yang diraih oleh siswa maka dapat mewujudkan tema sekolah unggul dalam prestasi dan santun dalam bersikap (Laporan : Juhairi Tajalli)

By Pilar