.

Serah Terima Simbol Peleton Beranting YWPJ Yon-407/PK

Tegal, Pilarbangsanews.com – Bertempat di Lapangan Bendungan Wates Kulon Progo, Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape ke II Yonif 407/PK yang dipimpin oleh Letda Inf Ahmad Sofwan (Danton Peleton Beranting Etape ke II) melaksanakan Upacara Serah Terima Simbol Peleton Beranting YWPJ dari Etape I Yonif 403/WP yang dipimpin oleh Lettu Inf Reza Akhyari (Danton Peleton Beranting Etape I), Minggu (16/12).

Bertindak sebagai Perwira Pengawas, Kapolres Kulon Progo AKBP Anggara Nasution, SH.SIK. Hadir dalam acara ini Dandim 0731/Klp Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md. Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han), Dan Sat Radar 215 Congot Letkol Lek Bambang Suyono, Danyonif 403/WP Mayor Inf Adi Pribadi Siregar, Para Danramil beserta Perwira Staf Kodim 0731/Klp, Hendri Utomo (Kejaksaan Kulon Progo), Yulianta Nugraha, S.IP M.si (Kabid Trantibum Satuan Polisi Pamong Praja Kab Kulon Progo), Panitia Penyelenggara Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Dam IV/Diponegoro TA. 2018, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXII dan Forkopimca Kecamatan Wates. Nampak ratusan warga masyarakat memadati tepi lapangan Bendungan untuk menyaksikan jalannya acara Upacara Serah Terima Simbol Peleton Beranting YWPJ.

Tepat pada pukul 15.00 WIB, Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape ke II Prajurit Petarung Yonif 407/PK dilepas untuk keberangkatannya oleh Kapolres Kulon Progo AKBP Anggara Nasution SH SIK didampingi oleh Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md (Dandim 0731/ Klp), Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) dan Letkol Lek Bambang Suyono (Dan Sat Radar 215 Congot).

Pelepasan Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya ini, adalah etape ke II Peleton Beranting Yonif 407/PK yang melaksanakan tugas peleton beranting berjalan kaki dengan menempuh jarak bekisar 25,7 km secara beranting sampai ke tujuan di SMP Pembaharuan Kec.Ngombol Purworejo.

Pukul 16.55 WIB, Peleton Beranting YWPJ Etape II Yonif 407/PK yang dipimpin Letda Inf Ahmad Sofwan (Danton Peleton Beranting Etape ke II) tiba dititik istrahat pertama di SMK Muhammadiyah 1 Temon. Seanjutnya pada pukul 17.10 WIB Peleton Beranting YWPJ Etape II Yonif 407/PK, melanjutkan tugasnya menuju titik istrahat kedua di Terminal Nampurejo, Kec. Purwodadi Kab. Purworejo. Pukul 18.00 Peleton Beranting YWPJ Etape II Yonif 407/PK tiba di Jembatan Congot Desa Jangkaran yang merupakan perbatasan antara Kab. Kulon Progo dengan Kab. Purworejo. Pukul 20.30 WIB Peleton Beranting YWPJ Etape II Yonif 407/PK tiba di SMP Pembahruan Kec. Ngombol Kab. Purworejo sebagai titik akhir di Etape ke II.

Kegiatan yang merupakan tradisi Korps Infanteri ini dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Korps Infanteri setiap tahunnya dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggaan korps, jiwa korsa dan solidaritas sebagai prajurit Infanteri.

Komandan Yonif 407/PK menyampaikan, pada hakikatnya kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini bukan sekedar memberikan kesan peristiwa yang ceremonial atau penciptaan kebanggaan dalam arti sempit, namun merupakan upaya dalam menggali nilai-nilai patriotisme dan tradisi yang menjadi sumber kekuatan dan semangat bagi pemantapan kejuangan serta peningkatan ketrampilan dan kemahiran olah yudha prajurit Infanteri guna melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara dimasa mendatang.

“Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya mempunyai sasaran dan tujuan untuk memupuk jiwa korsa dan semangat serta menebalkan jiwa pengabdian satuan Infanteri terhadap negara dan bangsa melalui penghayatan tradisi sebagai pasukan Infanteri dan meningkatkan integrasi dengan Rakyat agar tercipta suatu kondisi kehidupan TNI-Rakyat yang lebih harmonis. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan mobilitas berjalan kaki agar tercipta kondisi fisik perorangan yang tangguh,”ungkap Danyonif 407/PK.

“Gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang kita laksanakan ini juga merupakan kegiatan dalam ramemelihara dan meningkatkan kualitas para prajurit Infanteri. Sebab dengan kondisi fisik yang prima, profesionalisme tinggi disertai disiplin, semangat juang dan motivasi merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh setiap prajurit Infantri,” pungkasnya.(Ezl)

Sumber : Kopda Giyat Bs, Pen Yon-407/PK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *