Tam Arang dan Utiah Kapeh

TANJAKAN  KE RSUD PAINAN TAJAM,  PAKIE TELIANG TAKUT JATUH BERGULING-GULING (Bag 9)

Yang belum baca Bag 1 s.d bag 8 klik link di bawah ini;

Masalah RSUD Painan,  Kenapa Hasil Temuan BPKP Tak Diungkap ke Publik?  (Bag 8)

Sambungan dari Bag 8

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, — “Bilo bola panas tu sampai ka tangan apak pak?” tanyo Tam Arang lagi.

“Saba lah dulu, tak bisa capek capek, kan lah den sabuikkan masalah hukum tak bisa buru buru. Contoh lah banyak, waktu orde batuka dari orde Baru ka reformasi, ado beberapo Menteri lah barantinyo 1, 2 tahun baru kasusnyo dibaok ka pengadilan. Dan si Menteri tadi di pengadilan terbuktii melakukan tindakan pidana korupsi, karano terbukti basalah melalukan mark-up proyek nan ado di kementerian nyo. Dek lah terbukti hakim nan manyidangkan parkaronyo, menjatuhkan vonis hukuman panjaro kepada sang Menteri itu. Mako masuak kandang sitimbun lah pak mantan menteri itu,” kata bupati menjelaskan.

“Tunggu lu pak, nan istilah buka ka publik tu baa pulo tu pak?” tanya Tam Arang.

“Maksud Tam apo tu?”

“Ko ado lo kawan nan bakomentar di Facebook, baa kok temuan BPKP itu nan babukakkan ka publik, katanyo pak,”

“Kan lah den sabuikkan tadi, bahaso BPKP itu ndak paralu dinyo publik tahu. BPKP tu bakarajo profesional, hasil temuannyo itu, bisa digunakan oleh aparat hukum untuk jalan masuak mamulai mengungkapkan kasus korupsi. Mau diungkap mau tidak hasil temuannyo, BPKP itu tak mau tau nyo. Nan jaleh di urang BPKP nyo bakarajo sesuai dengan job Screption (uraian pekerjaannyo) yang ado, ” kata bupati kembali menjelaskan.

“Rumah Sakik Umum Daerah Painan itu, terungkap ado dugaan penyelewengan bamulo dari konstruksi bangunannyo pak. Pertanyaan den apokah BPKP itu ado tenaga ahlinya pak? ” Tam Arang masih mencocor bupati dengan pertanyaan.

“Ahli bangunan tantu ndak ado nan amuah manjadi pegawai BPKP tu de, namun demikian BPKP tu meminta bantuan ka Perguruan Tinggi untuk melakukan pengkajian apokah bangunan RSUD Painan itu, laikah memenuhi standar kualitasnyo? Seandainyo tidak, tak akan mungkin nyo amua tenaga ahli bangunan itu mangatokan nan buruak dikatokan rancak dan rancak dikatokan buruak,”

“Jadi mereka buliah dikatokan independen tu” tanya Tam Arang.

“Pas bana itu Tam,” kata Bupati.

Kini de-den pu-pulo ba-batanyo lei, Pak, ” Udin Gagok tak mau ketinggalan. Secarik kertas yang dari tadi sudah ditulisnya, dibukanya kembali. Lalu dia baca kertas itu.

“Tadi bapak mengatokan, bola panas. Apo maksudnya tu pak? Ado main bola urang di puncak bukit itu atau di tampek bangunan RSUD nan tabengkalai itu, ” tanya Udin Gagok. Rupanya udin Gagok ini membaca buku atau tulisan tidak gagap. Bacaannya seperti orang normal.

Dulu Udin pernah tidak gagap. Dari mulai pandai bicara sampai punya istri bicaranya lancar.

Setahan setelah udin menikah dengan kekasihnya bernama Upiak Manih, pasangan ini pergi merantau ke Medan. Suatu malam terjadi peristiwa naas menimpa kelurga Udin. Rumah Udin dimasuki perampok. Ada 7 orang perampok yang menyantroni rumah Udin. Jumlah perampok yang banyak membuat Udin kalah dalam petarungan 1 lawan 7 meskipun Udin memiliki keahlian bela diri silat yang cukup handal di kampungnya. Udin hanya berhasil melumpuhkan 2 perampok hingga tewas. Perampok itu tewas kena tendangan kaki kiri Udin yang terkenal berbisa itu. Tapi 5 perampok lainnya berhasil melumpuhkan Udin. Saat Udin terkapar akibat dipukul linggis, dia diikat, mulutnya disumbat dengan kain sarung, sehingga Udin tak bisa lagi bersuara memekik minta tolong.

Sementara itu Upuik Manih istri Udin dalam peristiwa itu meninggal dunia akibat setelah menghabisi nyawanya dengan cara melompat dari lantai 2 rumah tempat tinggal mereka.

Sajaknya peristiwa itu Udin menjadi gagap dalam bicara. Penyebabnya dalam ilmu kesehatan dikenal dengan istilah Neurotik. Yakni gagap pada orang dewasa dibawah pengaruh situasi stres atau pengalaman emosional yang parah seperti yang dialami Udin Gagok.

“Bola panas tu istilah Din, buka main bola sabana e doh,” kata Pakie Telang mencoba menjelaskan.

“Bana kato Pakie Teliang itu Din. Bola panas tu istilah atau ganti dari sebuah kata yang mengatakan situasi tak menguntungkan.”

“Kato den kok ado lapangan bola dakek RSUD nan baru itu. Masih lapang tanah diateh puncak bukik itu pak? ” kini pertanyaan direbut oleh Pakie Teliang.

“Lapang juo lah,” kata Bupati.

“Tapi ancak awak batanyo ka Pak Enye sabab beliau lah pai ka puncak bukik itu, ” kata Tam Arang.

“Pak Enye ko sia? ” tanya Pakie Teliang.

“Kabanyo Pak Enye ko sobat pak YY. Pak Enye ko namo panjangnya Novermal Yuska. Dulu berprofesi sebagai advokat dan Wartawan. Kini sejak tapiliah jadi anggota DPRD Pesisir Selatan dari PAN, lah sibuk nyo sidang sidang di Dewan, beliau ketua Fraksi PAN di DPRD Pesisir Selatan,” kata Mas Tartok.

“Kok batanyo info soal tanah ancak ke kelurahan pai. Tapi untuak a batanyo saol tanah disekitar RSUD Painan nan tabangkalai itu, ka mambali tanah ang di situ?” tanya Tam Arang.

“Ndak talok diden doh, sabab jalan ka rumah sakik itu pandakiannyo tajam. Kok den bajalan, tajatuah den, tu lah ka baguliang-guliang sajo sampai kabawah. Kok ado urang disitu saat wak jatuah, adolah nan tahu. Kok ndak ado nan bedo. Kojat sajo dan surang apo ka aka?” kata Labai Litak.

Bersambung ke Bag 10..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *