Tam Arang dan Utiah Kapeh

“Rumah Basamo” Bunda Lisda Banyak Mendapatkan Simpati dan Apresiasi

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, — Sudah 2 x pagi lapau Mak Gambuang tak dibuka. Mak Gambuang katanya ke Yogyakarta. Tapi tidak untuk menemui Mak Sutan Mudo, yang pernah jadi Kasi Pidum Kejari Painan.

Bagi Mak Gambuang, sosok Mak Sutan Mudo, mengingatkan ia kembali kepada masa masa awal dia dilamar oleh suaminya dulu. Jantung Mak Gambuang berdenyut sekitar 5 volt Ampere. Tapi walaupun begitu sebagai seorang wanita janda yang dihormati oleh warga di kampung Tam Arang, Mak Gambuang bisa menyimpan denyutan jantungnya itu, sehingga tak seorang pun tahu, bahwa Mak Gambuang menyimpan rasa. Dan kepergian Mak Gambuang ke Jogjakarta untuk melihat anak adiknya yang bernama Piak Sanggan.

Pik Sanggan sudah lama tak pulang kampung, suaminya membuka lapau nasi masakan Padang di jalan Malioboro. Lapau nasinya itu sangat kayun (laris-pen) oleh pembeli. Selain harga terjangkau, berbagai masakan Padang tersedia di sana, ada Randang, Gulai Kapalo Lawuak, ada gulai Jariang, Uwok Tawuang, Sambalado Kiasak, habuih Patai, Tumis Pakis, sampai ka Rampeyek Maco.

Kita tinggalkan cerita Mak Gambuang yang mungkin lagi berbendi-bendi bersama Mak Sutan melihat kraton yang kini dipimpin Rajo Hamengkubuwano X itu. Kita beralih pada kisah Tam Arang cs.

Malam ini mereka berkumpul di Surau Labai Litak sehabis sholat Isya tadi. Mereka harap sekali kampung mereka dikunjungi oleh Senator Pessel Dr Alirman Sori SH, MM, MH. Undangan telah disampaikan pak YY (penulis cerita fiksi ini) melalui komentar di akun Facebook.

Apa jawab pak Pak Alirman Sori?

“Izin para senior dan dunsanak sadonyo,,mohon maaf kalau bicara masalah kebijakan saran ambo diskusi face to fece, lewat medsos mohon izin ambo tdk terbiasa dan takut salah,,mudah2an bisa dipahami,,salam pessel maju, ” kata Senator Pessel yang bersuara merdu ini lebih lebih kalau membawakan lagu lagu almarhum Broery Marantika.

Tam Arang dan Utiah Kapeh memahami sikap bang Alirman itu. Itu namonyo sasuai jo pepatah, Barundiang siang caliak-caliak, mangecek malam agak agak-i. Agar jangan sampai; Bicaro bak balalai gajah, bicaro bak katiak ula (bicara tak tahu ujung pangkalnya).

“Salut den ka senator adiak pak YY tu ndak Tiah,” kata Tam Arang.

“Sia adiak Pak YY nan jadi senator, Tam?,” tanya Mas Tartok yang ragu dengan pengakuan pak YY, sebab Mas Tartok tahu betul siapa pak YY ini. Kadang suka ngarang kalau orang sudah berpangkat dia rangkul dengan bilang adik lah, anak lah..

“Nde alun juo tau mas Tartok ko lei? ” kata Pakie Teliang.

“Iya saya belum tahu siapa. Tapi tidak Uni Fahira Idris bukan? ” tanya Mas Tartok.

“Mas Tartok.., pengagum berat Uni Fahira kayaknya,” kata Utiah Kapeh.

“Ya saya memang pengagum Uni Fahira, soalnya beliau itu sering nyinyir mengkritisi pak Jokowi. Kemaren kata Uni Fahira, kompleksitas masalah bangsa Indonesia tak bisa diatasi hanya dengan moto ” Kerja, Kerja, kerja ” tanpa diawali dengan gagasan yang narasikan.

Pemerintahan Jokowi, kata Uni Fahira, membutuhkan sebuah gagasan dan narasi besar sebagai ruh penyemangat para menteri untuk bekerja. Gagasan dan narasi besar ini juga penting bagi rakyat agar bisa mengetahui, memahami, dan mengawal wajah Indonesia seperti apa yang ingin diwujudkan Presiden lima tahun ke depan. “Rakyat akan memberi dukungan jika gagasan dan narasi yang disampaikan benar-benar menyentuh persoalan rakyat, mempunyai solusi cerdas untuk mengurainya, dan disampaikan dengan penuh optimisme,” kata Mas Tartok mengutip statement Fahira Idris disalah satu media online.

“Bang Alirman Sori itu, beliau juo mantap, Mas Tartok, ” kata Utiah Kapeh.

“Seperti apa mantapnya, Tiah? ”

“Ow Mas Tartok enggak baca ya komentar beliau tentang peristiwa penusukan Pak Wiranto? ”

“Ya belum,” jawab Mas Tartok.

Kata beliau ( Alirman Sori) penyerangan terhadap Wiranto pada Kamis (10/10) adalah ancaman serius bagi pejabat dan bangsa Indonesia secara umum. Bisa saja hal serupa menimpa pejabat – pejabat lainnya di tanah air.

“Jika hari ini Menko Polhukam (sekarang Wiranto digantikan Mahfud MD-pen) , belum tentu esok atau lusa bisa pula terjadi pada pejabat lain. Ini perlu diantisipasi,” kata Alirman (dikutip dari Alirmansori.com)

“Ow lai nyariang kukuak senator adiak pak YY tu ya Tiah,” komentar Mas Tartok dijawab oleh Utiah, “ya iyalah siapa dulu? ”

“Tam….., ang lai membaco berita hari kini tantang ibuk Lisda Hendrajoni?” Labai Litak mencoba mengalihkan pembicaraan ke topik lain.

“Lai lah Angku Labai.”

“Iyo salut wak ka padusi (istri) pak Bupati Pesisir Selatan, ndak Tiah? ”

“Iyo ngku. Deyen lah lamo salut ka inyo.”

“Urang biasanyo kalau lah tapiliah jadi anggota dewan tu lupo jo daerah nyo. HP nan biaso hiduik lah duduak nyo susah dihubungi. Macam tu biasanyo. Tapi ibuk Lisda tu ndak sarupo itu doh. Lai takana taruih dek nyo warga asal daerah pemilihannyo. Kini nyo buek Rumah Basamo. Kalau ado pasien atau famili pasien nan tak punyo kelurga di Padang, rumah Basamo itu bisa digunokan, ” kata Labai Litak.

“Bana ngku, itu tidak hanyo untuak warga Pessel sajo, warga sumbar dari Kabupaten lain tak basabuikkan bana namo kabupaten/kotanyo. Bisa numpang disitu, kalau bana bana tak ado famili di Padang, ” Kato Utiah Kapeh.

“Bang Novermal Yuska ketua Fraksi PAN DPRD Pessel, den danga juo ado manyewo rumah untuak hal yang samo,” kata Pakie Teliang.

“Dima Pakie Tau, bang Novermal ado manyewo rumah singgah itu?” tanya Utiah Kapeh.

“Abang tu nan menyampaikan ka pak YY, bahaso inyo lah menyewa rumah dakek rumah sakik itu untuk keluarga pasien nan tak ado famili di Padang, ”
kata Pakie Teliang.

“Ancak mah.. Semakin banyak semakin elok, bia masyarakat maraso ta bantu dek terobosan urang nan baduo itu, ” kata Labai Litak seraya mengajak teman temannya mengakhiri cerita malam ini di Surau Labai Litak…..

Baca juga ;

Bunda Lisda Politisi NasDem Sediakan Satu Unit Rumah Singgah di Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *