.Aceh

Covid-19 mewabah, 2 Desa di Aceh Tenggara Bagi-bagi Sembako

KUTACANE, Pilarbangsanews.com,- Dua desa di kabupaten Aceh Tenggara membagikan kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di desa tersebut.

Kedua desa itu adalah Desa Gumpang Jaya, Kecamatan Babussalam, Desa Bambel, Kecamatan Bambel, kemudian Desa Kampung Baru, Kecamatan Badar.

Pengadaan kebutuhan bahan pokok tersebut bersumber dari dana desa, dan dilakukan sesuai instruksi bupati Aceh Tenggara.

“Kami sudah menyalurkan bantuan logistik berupa kebutuhan pokok bagi 130 KK, ini sesuai instruksi bapak bupati yang membolehkan dana desa untuk penanganan wabah Korona di desa-desa di Aceh Tenggara,” ujar Abi Hasan, kepala Kute (Desa) Badar Indah, Kecamatan Badar kepada anteroaceh.com, Jum’at (27/3/2020).

Menurut Abi, pembagian dilakukan merata bagi seluruh warga, tak terkecuali miskin dan kaya. Dalihnya, semua elemen masyarakat membutuhkan bantuan selama kebijakan berdiam diri di rumah berlaku.

“80 persen masyarakat saya warga miskin, jadi keputusan rapat semua mendapatkan bantuan,” terangnya lagi. Bantuan tersebut berupa, 1 sak beras, 1 kilogram minyak goreng, 1 papan telur ayam dan 1 dus mie instan.

Total alokasi dana desa yang digunakan senilai Rp 60 juta. Yang sudah direalisasikan Rp 35 juta. “Tidak hanya sembako, dana itu juga kita gunakan untuk penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah dan masyarakat dalam sepekan 2 kali dan akan kita evaluasi, bila perlu 1 kali sehari. kemudian kita juga sudah pesan hand sanitzer, InsyaAllah dalam dua hari ini sudah tiba di desa kami, dan akan dibagikan ke seluruh KK yang ada,” sebut Abi.

Menurutnya, beberapa kute (Desa) di kecamatan sama sudah melakukan kebijakan sama. hal itu untuk memenuhi kebutuhan pangan selama wabah. Kemudian agar masyarakat tetap berada di rumah hingga wabah berakhir. “Ini cara kami untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semoga semua desa di Aceh melakukan hal sama,” pungkasnya.

Di Desa Gumpang bantuan yang diberikan lumayan besar, yakni Beras 30 kg, Minyak Goreng 5 Kilogram, Mie Instan 2 dus, telur ayam 2 papan dan gula pasir 5 kilogram.

Editor : Ihsan Yunadi Rubrik : Kesehatan, Nanggroe
Disadur dari ANTEROACEH.com

Baca juga;

Pembatasan Selektif Sumbar Dimulai 31 Maret di 9 Pintu Masuk

Polri akan Bertindak Tegas, Kapolri; Untuk Menegakkan Disiplin Tidak Bisa Dengan Bujuk Rayu

Koramil 0910-03/Malinau Kota Cegah Penyebaran Virus Covid-19 dengan Cek Suhu Tubuh Pendatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *