.

Pangkoarmada II Hadiri Shipnaming dan Launching KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991

Surabaya, PilarbangsaNews

Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G Sudihartawan ikut hadir mendampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam acara Shipnaming dan Launching Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) yakni KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, bertempat di Galangan Dock Semarang PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya Kamis (7/1).

Kegiatan Shipnaming dan Launching ditandai dengan pemberian nama kapal dan pemotongan tali pengikat kendi. Sementara sebagai Ibu Kandung Kapal, Ny. Vero Yudo Margono yang turut hadir mendapat kehormatan untuk memecah kendi sebagai simbol kelahiran, yang diiringi pembukaan tirai nama kapal. Acara dilanjutkan dengan pernyataan peluncuran oleh Kasal dengan menekan tombol sirine, selanjutnya dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara oleh Kadisadal Laksma TNI Maman Rohman, S.T., M.Han., dan Plt. Direktur Utama PT. PAL Indonesia Etty Soewardani yang disaksikan oleh Kasal.

Dilansir dari berita dinas Dispenal, untuk spesifikasi teknis dari Kapal BRS panjang 124 meter jarak jelajah yang bisa ditempuh mencapai 10.000 nautical miles dengan kecepatan max. 18 knots, kemampuan kapasitas angkut total personil 643 orang termasuk 159 pasien. Kapal ini memiliki kemampuan setara Rumah Sakit Tipe C ditambah dengan sejumlah peralatan medis seperti CT Scan dan X-Ray, hingga Ruang Isolasi untuk penanggulangan wabah menular seperti COVID-19.

Sementara itu Kasal dalam sambutannya mengatakan “Pemberian nama kapal BRS dengan sebutan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, diambil dari nama pahlawan nasional yang berprofesi sebagai dokter yang populer di tengah mata masyarakat Indonesia sebagai dokter yang ramah, murah hati dan dikenal sebagai pelopor berdirinya organisasi Budi Utomo, sehingga diharapkan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dapat melaksanakan fungsinya dalam pelaksanaan Operasi Militer Selain perang,” jelas Kasal.

Hadir dalam acara ini Irjenal beserta istri, Para Asisten Kasal beserta istri, Pangkoarmada II, Danlantamal V, Kadiskesal, Kadislaikmatal, Ka RSPAL Dr. Ramelan, Danpasmar 2, Para Dansatgas Yekda DN, Para Direksi PT PAL serta para pejabat lainnya. (Relis/Salut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *