.

Pengmas FKM Unand Upaya Tingkatkan Paham Masyarakat akan Vaksin Covid-19

Padang, PilarbangsaNews

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Kantor Adat Nagari (KAN) Kuranji yang bersebelahan dengan Puskesmas Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Rabu (22/09) mulai pukul 08.30 WIB.

Kegiatan Pengmas bertemakan “Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Padang Tahun 2021” bekerjasama dengan Puskesmas Ambacang dan Perum Pegadaian. Pengmas yang digelar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas ini diusung oleh Defriman Djafri, SKM., MKM., Ph.D selaku Ketua Tim, bersama Mega Utami Basra, SKM., MKM. dan lainnya.

Kegiatan Pengmas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap vaksin Covid-19. Fenomena ini juga didukung oleh banyaknya jenis vaksin yang beredar ditengah masyarakat dan tidak menutup kemungkinan banyak masyarakat ragu untuk mengambil vaksin jenis apa.

Defriman Djafri, SKM., MKM., Ph.D sebagai pembicara dalam kegiatan Pengmas ini menyampaikan bahwa jenis vaksin yang beredar ditengah masyarakat memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh.

“Apapun jenis vaksin yang dipakai semua efektif. Cara kerjanya saja yang berbeda,” ujar Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas ini.

Defriman juga menjelaskan bahwa semua jenis vaksin itu memiliki tujuan yang sama, namun tipe saja yang berbeda. Seperti Sinovac misalnya berasal dari virus yang dimatikan, Pfizer-BioNTech adalah vaksin tipe mRNA dan AstraZeneca adalah vaksin tipe viral vector.

Tujuan dilakukannya vaksinasi adalah untuk mencapai herd immunity, yaitu kekebalan dari kelompok besar sehingga kelompok yang kecil juga ikut terlindungi. Penurunan angka kesakitan dan kematian karena Covid-19 juga menjadi harapan setelah dilakukannya vaksinasi.

Setelah dilakukannya pemberian materi mengenai vaksin Covid-19 oleh Defriman Djafri, SKM., MKM., Ph.D dilanjutkan dengan kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Tim Puskesmas Ambacang.(Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *