.

Catatan Nurhayati Hadir Dalam Acara Lounching Buku Otobiografi Laksma Hargianto ; Stokar Oplet Jadi Komandan Kapal Perang

Jum’at, hari yang sebagian orang menyebutnya sebagai “Jum’at Berkah” mungkin atau memang benar adanya. Karena pada hari itu, Saya mendapatkan suatu berkah atau mungkin kesempatan bertemu dengan orang-orang hebat dalam suatu acara yang teramat sangat megah dan penuh dengan kebahagiaan.

Ya, Jumat tanggal 22 Oktober 2021, Saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri launching Buku Autobiografi dari salah seorang putra terbaik Sumatera Barat. Beliau, Laksamana Pertama TNI Hargianto, SE., M.M., M. Si (Han) Datuak Bagindo Malano Nan Hitam. Buku Autobiografi yang Beliau tulis sendiri itu berjudul “Stokar Oplet Jadi Komanda Kapal Perang”.

Menjelang Jum’at, Papa (Yuharzi Yunus) mengirimkan Whatsapp kepada Saya. Di Whatsapp tersebut tertulis keinginan Papa agar Saya mewakili Beliau menghadiri acara Launching Buku Laksamana Pertama TNI Hargianto.

Awalnya Saya ragu karena tak ada siapa pun yang Saya kenal disana. Undangannya berisi para pejabat dan tokoh-tokoh penting di Sumatera Barat. Tapi Papa meyakinkan Saya untuk tetap pergi.

Sore itu hujan cukup deras mengguyur Kota Padang. Awalnya Saya takkan berangkat namun sejenak terlintas dipikiran Saya “Kapan lagi Saya bertemu orang-orang hebat?. Saya kan bisa belajar dari Beliau-Beliau”. Dan akhirnya Saya memutuskan untuk berangkat menggunakan Go-Car agar Saya tak basah selama di perjalanan.

Saya sampai di tempat acara, Ballroom Premier Grand Zuri Padang lepas magrib saat hujan masih turun walau hanya gerimis. Sampai di lokasi, Saya kembali khawatir karena tak ada satu pun yang Saya kenal. Namun Qodarullah, ALLAH SWT memberikan Saya kemudahan ketika beberapa orang menyapa Saya dan mengajak berbincang disela-sela menunggu giliran mengambil daftar hadir undangan.

Dan happy pertama Saya adalah ketika cek daftar undangan, saya dan semua yang sudah terdaftar di undangan langsung diberikan Buku Laksamana Pertama TNI Hargianto. Waahhh Saya senang bukan mainnya bisa dapat buku secara gratis.

Kemudian happy Saya yang kedua adalah ketika Saya mendapatkan kesempatan bertemu dan menyalami Sang Penulis secara langsung. Tak hanya itu, Saya pun mengabadikan momen itu dengan mengambil foto dengan Laksamana Pertama TNI Hargianto dengan latar belakang Oplet berwarna Biru.

Saya memulai momen itu dengan komunikasi yang gugup. “Bapak, Saya Nurhayati anak dari Yuharzi Yunus dari Pesisir selatan”. Dengan ramah Beliau jawab “oh ya, Terima kasih atas kedatangannya. Tolong sampaikan salam Saya ke Uda Yuharzi”. Setelah itu hilanglah semua khawatir dan gugup Saya. Karena ternyata Beliau teramat sangat murah senyum dan mudah berkomunikasi.

Acara dimulai sekitar pukul 21.00 wib setelah Wakil Gubernur SUMBAR, Uda Audy Joinaldy hadir dilokasi. Tak hanya Wakil Gubernur SUMBAR, teramat banyak tokoh dan pejabat penting hadir dalam acara itu. Yang sempat Saya perhatikan bahkan Saya pun ikut mengabadikan momen tersebut diantaranya Bupati Kab. Agam, Bapak Andri Warman. Wakil Bupati Tanah Datar, Bapak Richi Aprian. Kepala BNN SUMBAR, Bapak Khasril Arifin. Mantan Walikota Padang, Bapak Fauzi Bahar dan banyak lagi.

Bersama Bapak Fauzi Bahar Mantan Walikota Padang

Wahhhh…. Saya betul-betul beruntung malam itu. Selain dapat buku, Saya pun bertemu dengan orang-orang hebat yang telah sukses di bidangnya masing-masing.

Dan yang membuat Saya terharu adalah ketika acara puncak. Disaat Laksamana Pertama TNI Hargianto menyampaikan pidatonya yang teramat menyentuh. Beliau menceritakan bagaimana susahnya hidup serta perjuangannya menuju puncak karier yang cemerlang saat ini. Beliau juga menceritakan bagaimana pentingnya kehadiran serta restu kedua orang tua Beliau. Dan Beliau juga menceritkan bagaimana pengorbanan Istri serta Anak-Anak tercinta dalam mendampingi jalan panjang karir Beliau.

Itu adalah momen yang mampu membuat Saya menitikkan Air Mata. Mendengar dan menyaksikan video perjalanan hidup Beliau diputar, sungguh teramat sulit dan susah menurut Saya. Akan tetapi mampu Beliau lalui dengan keyakinan dan Usaha yang keras.

Acara berlangsung hingga pukul 24.00 wib yang diakhiri dengan potong kue bersama. Dan ternyata hari itu bertepatan dengan ulang tahun Beliau yang ke-58. Dan menurut Saya buku itu layaknya Kado yang teramat berharga bagi Beliau.

Sebelum Saya pulang, Saya berkesempatan menghampiri Beliau dan kembali ber-selfie bahagia dengan Beliau. Saya sampaikan “Bapak, Nur izin pamit pulang. Terima kasih untuk undangannya. Semoga Bapak sehat dan selalu dalam Lindungan ALLAH SWT”. Dengan senyum hangat Beliau membalas “Terima kasih Adinda, sudah hadir dalam acara malam ini. Tolong catat nomor HP Saya dan nanti kirim WA ke Saya”.

Wahhhh, Saya kaget. Pejabat, Jenderal Bintang Satu dengan senang hati memberikan kontak Pribadinya kepada Saya, sungguh luar biasa. Teramat jarang Saya menemui Pejabat seperti Beliau dan itu membuat Saya terharu.

Saya pulang dengan hati Senang serta penuh Syukur. Apalagi Saya pulang tak perlu naik Go-Car lagi karena Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat berkenan memberikan Saya tumpangan disebab jalur yang searah. Sungguh hari itu hari yang teramat luar biasa bagi Saya.

Dan Tadi pagi Saya beranikan diri mengirimkan Whatsapp Kepada Beliau dan sungguh Saya kembali dibuat terharu. Karena Beliau cepat merespon Whatsapp Saya. Awalnya Saya gugup mengirimkan Whatsapp namun ketika melihat gaya chat Beliau yang tak formal membuat rasa gugup Saya hilang. Saya seperti sedang chatting dengan Papa Saya bukan sedang chatting dengan Pejabat. Dan kembali Saya bersyukur untuk Silaturahmi baik ini. Bahkan Saya sempat terpikir “Apakah Beliau bersedia ya jika Saya tak panggil Bapak/Pak Datuak/Komandan tapi Saya panggil PAPA? Tapi serasa tak mungkin atau tak etis ya”.

Tapi tak apalah kalau pun tak bisa, dengan silaturahmi baik ini Saya teramat bersyukur kepada ALLAH SWT.

“Kalau ada kemauan, banyak jalan. Kalau tidak ada kemauan, banyak alasan”. (Bahar Sutan Baheram, Ayahanda Tercinta Laksamana Pertama TNI Hargianto, SE., M.M., M. Si {Han} Datuak Bagindo Malano Nan Hitam).

Selamat Ulang Tahun ke-58, Jenderal. Semoga kebaikan dan Keberkahan ALLAH SWT selalu Membersamai langkah kaki dan niat baik Jenderal untuk kebaikan serta kemaslahatan Umat.

Selamat dan Sukses untuk Launching Buku Autobiografinya. Semoga menjadi Inspirasi dan motivasi serta energi positif  bagi generasi muda serta masyarakat luas dalam menapaki panjangnya jalan kehidupan.

Catatan: Nurhayati adalah Mahasiswi Pasca Serjana di UNP putri angkat dari Yuharzi Yunus ( Redaktur PilarbangsaNews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *