.

PWI Sumbar Beri Penghargaan, Ketua Kadin ; Pers Penting untuk Tumbuhkan Kepercayaan Investor

Padang, PilarbangsaNews

Kehadiran pers dalam dunia usaha, sangat penting. Salah satu peran strategis yang bisa dimainkan pers adalah meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap suatu daerah, selain peran promosi dan publikasi yang selama ini telah dilakoni media massa.

Demikian cuplikan pendapat Ketum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar H. Ramal Saleh seusai menerima Piagam Penghargaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, yang diserahkan dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jalan Sudirman Padang, Selasa (22/2/2022). Piagam Penghargaan PWI itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, SP.

Menurut Ramal Saleh, banyak investor yang mengambil keputusan untuk meneruskan atau membatalkan investasinya di suatu daerah setelah mendapat masukan dari pemberitaan-pemberitaan pers.

“Pemberitaan pers jadi pertimbangan penting bagi investor, karena dampak pemberitaan adalah kepada publik secara luas. Dalam upaya bersama-sama membangun daerah Sumbar, mari perbanyak pemberitaan yang memberikan optimisme, peluang investasi s, dukungan positif masyarakat, sehingga akan menambah keyakinan investor untuk menanamkan modalnya di Sumbar,” kata Ramal Saleh, yang sehari-hari adalah eksportir komoditi seperti kulit manis, gambir, pinang dan buah pala.

Sebaliknya, jika pemberitaan media daerah ini narasinya banyak negatif, hambatan-hambatan lokal ataupun kesulitan perizinan, maka itu akan menurunkan kepercayaan investor. Bahkan bisa saja investor yang sudah berinvestasi tidak lagi meneruskan atau membatalkan. “Jadi peran teman-teman media sangat strategis, tidak main-main dalam Kemajuan suatu daerah. Karena itu, jika dunia usaha dan pemerintah daerah mampu bergandeng tangan dengan masyarakat pers maka diyakini daerah itu akan maju,” kata Ramal Saleh, yang didampingi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin H. Irwan Tazar dan dua orang WKU yaitu Masrizal Mamak dan Muhammad Djonedi.

Dari kiri ke kanan; Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sumbar H. Irwan Tazar, Ketua Umum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh, WKU Bidang BUMN dan BUMD Muhammad Djonedi dan WKU Kordinator Wilayah II Masrizal Mamak

Lebih jauh dikatakan Ramal Saleh, pers yang membantu daerah, yang bergandengan tangan, bukan berarti pers yang membebek atau menutup diri dari kritikan. Tidak sama sekali. “Kritik tetap diperlukan, masukan dan saran sangat ditunggu oleh dunia usaha. Namun penyampaiannya tentu tidak dengan narasi yang membuat kecemasan investor. Tidak kabar pertakut yang diungkapkan. Tetapi kritik konstruktif dan disajikan dengan pemberitaan pers yang berimbang. Pers yang cerdas tentu sudah memahami nilai-nilai keberimbangan informasi ini,” kata Ramal Saleh, yang kini juga membangun perumahan ikonik untuk kelas menengah di kawasan Tabing dengan nama Cassia Resident.

Kata Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos., dalam HPN 2022 ini PWI Sumbar memberikan tujuh Piagam Penghargaan kepada mitra PWI, yang telah banyak berkontribusi kepada PWI dan pembangunan Sumbar secara umum.

Selain Ketum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh, Piagam Penghargaan diberikan kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Kakanwil Kemenkum HAM Andika, SH.MH., Kadis Kominfotik Sumbar Drs Jasman Datuak Bandaro Bendang, Walikota Padang H. Hendri Septa, Dirut Bank Nagari Ir. Muhammad Irsyad, MM., dan Plt Dirut PT Semen Padang Ir. Asri Muchtar, MM.

Selain itu juga diserahkan Penghargaan kepada wartawan senior atas pengabdian profesi 40 tahun kepada H. Adi Bermasa, DR. Ir. Basril Basyar, MM., H. Jayusdi Effendi, Hasril Chaniago, Alwi Karmena dan H. Fakhrul Rasyid HF.

Dua orang Tokoh Pers Sumbar juga mendapat apresiasi dari PWI dan menerima Piagam Penghargaan yaitu Pemimpin Umum Harian Singgalang Bapak H. Basril Djabar dan mantan Ketua PWI Sumbar yang juga mantan Walikota Padang dua periode Drs. H. Zuiyen Rais. (yah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *