Maluku

Masyarakat Maluku Riau Gelar Peringatan Hari Pattimura dan Halal bihalal 2023

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Seluruh masyarakat Maluku di Provinsi Riau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Maluku (IKBM) pada Kamis, 18 Mei 2023 menggelar kegiatan
peringatan Hari Pattimura ke 206 dan Halal bihalal Basudara Gandong Maluku Provinsi Riau tahun 2023.

Kegiatan diawali dengan pertunjukan Tarian Perang khas Maluku yang disebut dengan CAKALELE dan juga penyalaan dan penyerahan obor Pattimura yang ke 206, hal ini merupakan tradisi dalam penyambutan para tamu undangan.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Maluku (IKBM) Provinsi Riau Oktavianus Nahuway mengatakan bahwa rangkaian kegiatan peringatan Hari Pattimura telah dilaksanakan setiap tahunnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kapitan Pattimura merupakan pahlawan asal Maluku yang diberikan gelar pahlawan nasional oleh Presiden Republik Indonesia pada tahun 1976 lalu.

“Kami keluarga besar Maluku di Provinsi Riau akan berupaya setiap tahunnya untuk merayakan tradisi nenek moyang kita setiap tanggal 15 Mei. Dan untuk kegiatan halal bihalal kita laksanakan sekaligus kebetulan masih dalam bulan syawal 1444 Hijriah,” ujar Okta.

Ia juga menyampaikan banyak kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan rangkaian kegiatan ini hingga berjalan lancar, khususnya kepada Lanud RSN melalui Yonko Kopasgat 462 yang telah berkenan menyediakan tempat pelaksana acara kegiatan.

“Saya pribadi maupun atas nama keluarga besar Maluku Provinsi Riau sangat berterimakasih,” ujar Okta.

Terakhir, ia berharap kepada pemerintah Provinsi Riau maupun pemerintah kota Pekanbaru untuk dapat menerima kehadiran warga Maluku serta kedepannya akan berupaya untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat.

“Kita ketahui selama ini masyarakat Maluku khususnya warga Ambon terkenal keras, namun saat ini kita sudah banyak berubah. Mudah mudahan dengan kehadiran kita di bumi lancang Kuning ini bisa bermanfaat bagi semua orang. Dan kami akan bertekad akan selalu membantu pemerintah Riau dan pemerintah kota Pekanbaru untuk tetap menjaga keamanan, dan ketertiban khususnya memasuki tahun politik nanti,” tutup okta.

Pemerintah kota Pekanbaru menyambut positif rangkaian peringatan Hari Pattimura ke 206 dan Halal bihalal Basudara Gandong Maluku Provinsi Riau tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP M.Ap yang diwakili oleh Kepala Dispora (Kadispora) Kota Pekanbaru Hazli Fendriyanto mengatakan dalam sejarah bahwa Kapitan Pattimura merupakan pahlawan Indonesia yang berjuang untuk daerah Maluku dalam melawan VOC Belanda.

Masih menurut Hazli, walaupun sudah ratusan tahun berlalu, namun nama Pattimura tetap dikenal oleh Bangsa Indonesia hingga masa kini.

“Dalam perlawanannya melawan penjajahan Belanda, Pattimura dikenal cerdik dan mampu menghimpun kekuatan besar rakyat Maluku sehingga mempersulit pergerakan Belanda di Maluku. Bahkan, namanya pun disegani oleh para pemimpin VOC kala itu yang harus memutar otak untuk menghadapi perlawanan rakyat Maluku,” jelas Hazli.

Hazli menyampaikan harapan kepada seluruh generasi muda yang ada di kota Pekanbaru agar tidak lupa dengan perjuangan Pattimura, yang mana dulu Pattimura terus semangat untuk berjuang meraih kemenangan melawan penjajahan Belanda.

“Mudah mudahan perjuangan dan semangat Pattimura ini dapat diimplementasikan oleh generasi muda untuk bersama bersinergi membangun kota dengan pemerintah kota Pekanbaru,” ujar Kadispora Pekanbaru.

“Dan juga kami berharap kepada warga maluku yang ada di kota Pekanbaru untuk bisa menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban. Agar kota yang kita cintai dapat selalu aman, damai, sejahtera, dan masyarakatnya makmur. Sehingga mampu meningkatkan produktifitas daya saing bangsa kita,” pesannya.

Kegiatan yang bertemakan Pattimura-pattimura Muda Bangkit dan Berjuang di Bumi Lancang Kuning, dihadiri juga oleh Komandan Batalyon Komando Kopasgat Letkol PAS Anang Kurniawan, Kabid TIK Polda Riau AKBP Hasyim Risahondua, Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Provinsi Riau Auni M. Noor, dan para tamu undangan lainnya. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *