Sumatera Utara

HM Ali Yusuf Siregar : POPKAB Deli Serdang 2023 Pertandingkan 6 Cabor

Deli Serdang, PilarbangsaNews

Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (POPKAB) Deli Serdang Tahun 2023 diselenggarakan selama 6 hari mulai Senin (20/11/2023) sampai Sabtu (25/11/2023) di Kota Lubuk Pakam, diikuti oleh 1.375 atlet dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Deli Serdang.

Ada 6 cabang olahraga (Cabor) yang diperlombakan, yakni atletik, tenis meja, bulutangkis, bola voli, pencak silat dan taekwondo.

“Ini (POPKAB) dibuat untuk menjalin silaturahmi antara pelajar se-Kabupaten Deli Serdang dan mencari bibit-bibit atlet di Deli Serdang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membuka POPKAB Deli Serdang Tahun 2023 di Gedung Olahraga (GOR) Lubuk Pakam, Senin (20/11/2023).

Kepada para peserta, Plt Bupati berpesan, agar bertanding sesuai aturan yang berlaku dan menjaga sportivitas dalam olahraga.

“Boleh kita bertanding dan berpikir untuk memenangkan pertandingan, tapi aturan-aturan semuanya harus diikuti. Jangan sembarang-sembarang, karena semua peraturan ada di dalamnya. Maka ikuti peraturan dan laksanakan dengan baik,” pesan Plt Bupati.

Dijelaskan Plt Bupati, POPKAB Deli Serdang merupakan wadah pembinaan dan pengembangan bakat olahraga para pelajar. Selain itu juga sebagai ajang seleksi dan pembinaan atlet yang ke depannya akan mengikuti even lebih besar lagi, baik tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

Pun begitu, Plt Bupati menekankan, POPKAB yang digelar ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang mencari prestasi, tapi harus lebih dari itu yakni untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan dalam menyongsong pembangunan generasi muda yang hebat dan sehat menuju Deli Serdang yang maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

“Semoga dengan adanya POPKAB ini mampu mendorong para pelajar Kabupaten Deli Serdang untuk antusias menyalurkan bakat dan minat serta menumbuhkembangkan daya kreasi dan inovasi, sehingga akan lahir generasi yang tidak hanya cerdas dan unggul di bidang akademik, tapi juga berprestasi di bidang olahraga,” harap Plt Bupati.

Pelaksanaan POPKAB Deli Serdang tersebut, sambung Plt Bupati, sejalan dengan cita-cita untuk menciptakan masyarakat berprestasi, sehat dan bugar, seperti yang telah digaungkan pemerintah pusat tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), khususnya di bidang olahraga dan pendidikan.

“Tumbuhkan dan pelihara rasa kebersamaan, junjung tinggi sportivitas. Berlomba dan berjuanglah untuk menjadi yang terbaik agar nantinya dapat mengukir dan meraih prestasi terbaik. Tetapi lebih penting dari itu, harus kita jadikan sebagai media dalam memperkuat tali silaturahmi dan saling menghargai antara pelajar di Kabupaten Deli Serdang,” ajak Plt Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) Deli Serdang, Ismail SSTP MSP dalam laporannya menyebutkan POPKAB Deli Serdang Tahun 2023 digelar berdasarkan Undang-Undang (UU) No.11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

Maksud dan tujuannya adalah sebagai ajang prestasi dan evaluasi pembinaan atlet pelajar di Kabupaten Deli Serdang, menjalin perkenalan dan persaudaraan sesama atlet pelajar dan multiplier effect bagi peningkatan perekonomian di Kabupaten Deli Serdang.

Turut hadir pada pembukaan POPKAB Deli Serdang itu, Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso SIK; Pasi Pers Kodim 0204/DS, Kasi PB3R Kejari Deli Serdang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Deli Serdang, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Satpol PP, Kadis Pendidikan, Kadis Perhubungan, Camat Labuhan Deli, Camat Namorambe, dan lainnya. (Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *