Pasaman Barat

Nagari Koto Gunung Ujung Gading Pasbar Laksanakan Kegiatan Musrenbang Tahun Anggaran 2024

Pasbar, pilarbangsaNews.com— Nagari Koto Gunung Ujung Gading laksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2024 dipimpin langsung oleh Pj Walinagari Koto Gunung Hamonongan Siregar yang dilaksanakan di Jorong Koto Pinang, Nagari Koto Gunung Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (21/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Penataan Nagari DPMN Pasbar Abdul Gafur, Para OPD, Camat Lembah Melintang Arpan, Sekna Koto Gunung Arsalan, perangkat Nagari Koto Gunung, Ketua Bamus Nagari Koto Gunung Jumalis, TP PKK Nagari Koto Gunung, Da’i Nagari, Jorong Koto Pinang Miswan, Jorong Batang Gunung Aswandi, LPMN Nagari Koto Gunung, Bidan Desa, unsur Forkopimca, Ninik mamak, alim ulama, tokoh – tokoh masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Kadis DPMN Pasbar yang diwakilkan oleh Kabid Penataan Nagari Abdul Gafur dalam sambutannya mengatakan, apapun kegiatan yang dilaksanakan di nagari marilah kita dukung bersama supaya terselenggaranya apa yang kita inginkan untuk kemajuan pembangunan nagari.

“Untuk perencanaan pembangunan nagari marilah kita prioritaskan mana pembangunan yang utama yang harus dibangun dari beberapa usulan yang sudah di tetapkan, sebab kalau di laksanakan semuanya tidak terpenuhi oleh anggaran,” Ucapnya.

Kabid Penataan Nagari DPMN Abdul Gafur juga menyampaikan, marilah kita laksanakan kita sepakati bersama mana mana pembangunan yang lebih prioritas di nagari yang harus dibangun dari semua usulan usulan yang sudah ditetapkan.

Kemudian Camat Lembah Melintang Arpan, dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Musrenbang adalah moment yang sangat penting kemana arah pembangunan nagari yang akan kita laksanakan, pelaksanaan musrenbang mengacu kepada Permen Des Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Prinsip Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa meliputi Kemanusiaan, Keadilan, Kebhinekaan, Keseimbangan alam dan kepentingan Nasional.

“Didalam Musrenbang ini marilah kita sepakati bersama mana mana daerah yang sangat prioritas yang harus dibangun sebab pembangunan di nagari tidak bisa dilaksanakan sekaligus, pembangunan hanya bisa dilaksanakan dengan cara bertahap sesuai dengan anggaran yang ada di nagari yang sudah ditentukan,” Paparnya.

Ketua Bamus Nagari Ujung Gading Jumalis dalam sambutannya mengharapkan apa yang sudah disepakati, apa yang sudah diprioritaskan itu yang harus dilaksanakan supaya kita semua bisa bersinergi.

Pj walinagari Koto Gunung Ujung Gading Hamonangan Siregar, dalam kegiatan Musrenbang menyampaikan, marilah kita laksanakan Musrenbang ini dengan baik dan tertib, mudah mudahan dengan adanya Musrenbang nagari hari ini hasilnya bisa kita lanjutkan di Musrenbang tingkat kecamatan.

Di akhir kegiatan Musrenbang terdapat beberapa hasil kesepakatan pembangunan yang sangat prioritas di dua Kejorongan yaitu Jorong Koto Pinang dan Jorong Batang Gunung di antaranya bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa yang akan di sampaikan di Musrenbang tingkat kecamatan. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *