Ekonomi

Sentra Oleh-Oleh “Uda Sayang” Peluang Bagi UMKM Sumbar Pasarkan Produk Unggulan

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Peluang emas terbuka lebar bagi pelaku UMKM di Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh dan Limapuluh Kota untuk mengembangkan promosi produknya ke pasar luas dengan telah hadirnya Sentra Oleh-Oleh “Uda Sayang” di Jalan Diponegoro By Pass, Kelurahan Subarang Batuang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Pada kegiatan sosialisasi dan launching Sentra Oleh-Oleh “Uda Sayang” bersama 100 UMKM Unggulan Sumatera Barat, Minggu (4/2/2024), juga menggandeng organisasi pers Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Luak Limopuluah untuk menjadi mitra mempromosikan produk UMKM di sentra oleh-oleh yang dimiliki oleh PT. Rumah Gambir Sumatera Barat.

Sepdi Tito selaku Direktur PT. Rumah Gambir Payakumbuh mengatakan, selama ini produk UMKM di Sumatera Barat belum dapat terpromosikan dengan optimal, kebanyakan masih promosi sendiri-sendiri. Dirinya ingin bagaimana produk mereka bisa menjadi opsi untuk dijadikan oleh-oleh wisatawan dan pengunjung Kota Payakumbuh, sehingga dengan fokus pada satu tempat, ada sentranya, maka produk yang ditampilkan semakin lebih banyak dan pengunjung punya banyak opsi oleh-oleh untuk dibawa pulang.

“Kita juga memberdayakan sumber daya manusia yang mumpuni untuk menjual produk secara online di marketplace online yang saat ini banyak diminati masyarakat seperti Shopee dan Tiktok. Kita sudah siapkan studionya dan nanti produk UMKM ada etalasenya di marketplace online kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Luak Limopuluah Syafri Ario didampingi pengurus lainnya mengatakan, SMSI siap bermitra dengan Sentra Oleh-oleh “Uda Sayang” untuk mempromosikan produk UMKM Sumatera Barat ke pasar luas. Peran media sebagai influencer dan jangkauannya juga menjadi penguat promosi dari produk-produk UMKM di Sumatera Barat.

“Kita berharap peluang ini bisa dioptimalkan oleh pelaku UMKM, kami dari SMSI siap bermitra untuk majunya Pariwisata di Sumatera Barat,” pungkasnya mantap.

Pada peresmian Sentra Oleh-oleh “Uda Sayang” itu turut hadir Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi dan Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *