Foto ilustrasi Aura Qurata ‘Ayun Shahumi Harzi, berpose di lorong pasar kaki lima Chinatown Kuala Lumpur



PILARBANGSANEWS. COM. KUALA LUMPUR,–  Dibeberapa negara mungkin ada lokasi pasar yang bernama Chinatown. Misalnya Di Singapura, di Bangkok, di Bandung, di Jakarta, di Kuala Lumpur. Ada nama lokasi pasar dengan nama Chinatown. Pun di Padang Sumatera Barat ada nama Kampung China. 

Di Kuala Lumpur Chinatown terletak di Jalan Petaling atau lebih dikenal dengan nama Petaling Street merupakan pusat perbelanjaan warga Cina (Chinatown) Kuala Lumpur. 

Berada di tengah tengah pasar Chinatown terasa nuasa tradisi Tionghoa. Disini ada lorong yang ditempati oleh pedagang  kaki lima,  Bagi kita yang berkantong tipis Chinatown adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi untuk membeli cendramata. Disini berbagai macam barang dijual oleh pedagang kaki lima dengan harga miring dibanding dipasar swalayan.

Di Indonesia pedagang kaki lima mayoritas etnis Minang, di Chinatown Kuala Lumpur dihuni mayoritas etnis China. Jarang sekali ada orang Melayu. Pedagang turunan India kalaupun  ada mereka manyalek satu satu.

Chinatown pasarnya buka sampai  malam, rata rata dikunjungi oleh para turis yang datang dari berbagai negara. Kebanyakan tentu mereka yang bermata sipit.

Pasar Chinatown diburu turis paling ramai dikunjungi. Para penjaja menggelar barang-barang dagangan mereka untuk dijual di sepanjang jalan lorong tersebut. (YY)

By Pilar