Idul Fitri 1445 H

Unand Halal Bihalal, Rektor Efa Yonnedi : Terima Kasih Atas Full Support Buya Gubernur

Padang, PilarbangsaNews

Keluarga besar Universitas Andalas (Unand) happy atas banyak kemajuan di universitas tertua di luar Jawa ini. Dan dukungan Pemprov Sumbar dibawah Gubernur Buya Mahyeldi dan masyarakat Sumatera Barat sangat baik, istilahnya full support untuk kemajuan Ranah Minang.

“Terima kasih Pak Gubernur atas dukungannya. Jembatan yang menghubungkan ke Unand dari SMA 15 di Limau Manis Padang sudah rancak, tinggal jalannya lagi. Sehingga akses ke Unand khususnya ke RS Unand makin lancar dan baik,” kata Rektor Unand Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM., Akt.CA dalam Halal Bihalal Unand, di Auditorium Unand, Selasa (16/4/2024).

Halal Bihalal Unand dihadiri ribuan orang yang terdiri Rektor dan jajarannya, Gubernur Buya Mahyeldi, Sekdaprov Hansastri, mantan Rektor Musliar Kasim, Werry Darta Taifur, Tafdil Husni, Ketua MUI Gusrizal Gazahar yang juga memberikan tausyiah, Ketua SMSI Sumbar Zulnadi dan Sekretaris SMSI Gusfen Khairul, Ketua IJTI, Plt Ketua PWI diwakili Emil Mahmud, Ketua AJI, Anggota DKP PWI Sumbar Adrian Toaik Tuswandi, Dirut Bank Nagari Gusti Chandra, Komisioner Komisi Informasi Sumbar Mona Sisca, SP., dan banyak pengurus Iluni Unand.

Menurut Rektor Unand Efa Yonnedi, peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan equity project. 35 profesor kelas dunia datang ke Unand dan berkegiatan akademik di Unand, seperti penelitian, pendampingan, seminar, workshop, menguji dan lain-lain.

Profesor Unand juga keluar Unand berkegiatan akademik di universitas ternama di luar negeri. “Supaya profesor kita dapat menambah ilmu, berbagi ilmu dan bisa pula merealisasikan kerjasama akademik,” kata Efa Yonnedi.

Gubernur, Rektor Unand, Ketua MUI dan Guru Besar Unand

Unand juga membuka ruang beasiswa atau insentif bagi mahasiswa asing dan tenaga pendidik. Begitu juga keluarga besar Unand didorong dan dibiayai dalam equity project ke universitas terkemuka untuk peningkatan mutu Unand.

Sementara itu Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi mengaku sangat terbantu oleh Unand secara kelembagaan maupun secara personil alumni Unand yang berkiprah di jajaran Pemprov Sumbar.

Kedepan, kata Gubernur Mahyeldi, sinergi Pemprov Sumbar dengan Unand dapat terus ditingkatkan dan dioptimalkan sehingga menguntungkan Ranah Minang. Jaga terus silaturrahim dalam menjaga kontribusi Unand untuk kejayaan bangsa, khususnya Sumatera Barat.

Gubernur juga mengatakan dalam kesempatan itu, bahwa peran perantau dalam pembangunan Sumbar, sangat besar. Diaspora Minangkabau dari seluruh dunia diharapkan berperan dalam pembangunan Sumbar khususnya ke nagari-nagari tempat mereka berasal.

Ketua Wali Amanah Unand Wahyu Sakti Trenggono dalam kesempatan Halal Bihalal ini menyampaikan sambutan secara virtual dan mengatakan bahwa Unand akan tetap di depan dalam menjaga kualitas pendidikan di negeri ini, terutamanya tentu di Sumatera Barat.

“Kepada Pimpinan Unand, dosen dan mahasiswa marilah kita menjaga marwah Universitas Andalas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Wahyu Sakti Trenggono yang sehari-hari adalah Menteri Kelautan dan Perikanan RI.(arman/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *