Sumbar

Musda DPW PPDI Provinsi Sumbar, Nofrianto dari Solok Selatan Terpilih Jadi Ketua

Padang, PilarbangsaNews

Para perangkat desa/nagari di Sumbar yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) melakukan Musda DPW PPDI Provinsi Sumbar di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Sabtu (11/5/2024).

Musda PPDI yang dibuka Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH ini berlangsung sangat demokratis, dan berhasil memilih Ketua DPW PPDI Provinsi Sumbar periode 2024-2029 yaitu Nofrianto dari Kabupaten Solok Selatan.

Menurut Amasrul, tujuan pembentukan PPDI adalah agar terjalin kordinasi yang baik antara PPDI dengan desa/nagari, dengan pemerintahan daerah, termasuk dengan organisasi profesi sejenis seperti APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) dan PABPDSI (Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia).

Sebagaimana visinya, kata Amasrul, maka PPDI harus aktif menjaga, memelihara, mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan yang kokoh serta kesejahteraan lahir batin dan kesetiakawanan organisasi baik di daerah maupun nasional.

“Pengurus PPDI yang baru terpilih harus mempertinggi kesadaran dan sikap Perangkat Desa serta meningkatkan mutu dan kemampuan profesi Perangkat Desa. Kemudian memelihara, menjaga, meningkatkan harkat dan martabat serta kesejahteraan anggota dan kesetiakawanan organisasi,” pesan Kadis PMD Sumbar Amasrul yang didampingi Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd., M.Si.

Suasana Musda DPW PPDI

Pengurus DPW PPDI Provinsi Sumbar periode 2024 2029 terpilih, Ketua Nofrianto (Solok Selatan), Wakil Ketua Deki Ornaldo (Kabupaten Solok), Ikhsan Rahmat Hidayat (Tanah Datar), Amril (Agam) dan Harfita Sari (Kota Pariaman). Sekretaris Desi Novalia (Kabupaten Pesisir Selatan) dan Bendahara Zermawati MZ (Kabupaten Padang Pariaman).

Menurut Ketua PPDI Sumbar Nofrianto, dirinya bersama seluruh pengurus akan berusaha mengemban amanah dari anggota PPDI sesuai dengan program kerja yang telah disepakati dalam Musda tahun 2024 ini.

Kata Nofrianto, PPDI adalah tempat berhimpunnya segenap perangkat desa merupakan organisasi profesi, perjuangan dan ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila.

“Dalam perjuangannya secara nasional PPDI melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya seperti bentuk pengangkatan sebagai PNS seperti yang telah dilakukan pemerintah terhadap Sekretaris Desa,” kata Nofrianto.

Peserta yang hadir dalam Musda DPW PPDI Sumbar ini berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan, Solok Selatan, Solok, Agam, Tanah Datar, Padang Pariaman dan Kota Pariaman. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *