Tanah Datar

Pencarian Hari ke-15, PMI Turunkan Hagglunds untuk Sisir Lokasi Bencana di Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Mendukung proses pencarian dan evakuasi 10 orang korban yang masih belum ditemukan di Kabupaten Tanah Datar, Palang Merah Indonesia (PMI) kerahkan 1 unit alat berat jenis Hagglunds di sektor C, Simpang Manunggal, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (25/5/2024).

Ketua Bidang PB dan Logistik, Hidayatul Irwan, mengatakan Hagglunds tipe Bangvagn 206 (BV206) tersebut merupakan kiriman dari PMI Pusat di Jakarta untuk membantu Operasi Tanggap Darurat Bencana PMI di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Tanah Datar yang masih melakukan pencarian korban.

“Hagglunds baru sampai di Tanah Datar hari Kamis dan hari Sabtu 25 Mei ini baru bisa kita operasikan,” ucap Hidayat. Diketahui Hagglunds merupakan kendaraan segala medan, baik itu berlumpur maupun berair.

Menurut Hidayat, alat berat tersebut sangat membantu lanjutan operasi pencarian dan evakuasi korban. Pasalnya beberapa titik pencarian korban ialah area sawah yang dipenuhi lumpur yang cukup dalam.

Dengan kendaraan seperti ini, diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat tim evakuasi menjangkau area pencarian dan melakukan evakuasi korban. Selain itu, lanjut Hidayat, kendaraan tersebut juga dapat membantu kegiatan lain seperti distribusi barang bantuan atau logistik untuk masyarakat terdampak.

Akmal, Asisten Basarnas Pusat yang memimpin operasi pencarian ini melaporkan, terdapat 40 orang yang tergabung dalam pencarian di sektor C ini, diantaranya TNI/Polri, Basarnas dan PMI.

Ia mengatakan tim sangat terbantu dengan adanya tambahan alat berat tersebut, sebab medan pencarian di simpang Manunggal ini sangat luas. “Ada 4 orang korban yang dilaporkan hilang di daerah ini, semoga pencarian kita membuahkan hasil,” tutur Akmal. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *