.

125 Inovator dari Perangkat Daerah dan Puskesmas se Kabupaten Pesisir Selatan Ikuti Bimtek Indeks Inovasi Daerah

Painan, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Badan Perencanaan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bapedalitbang) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk meningkatkan Indeks Inovasi Daerah (IID) pada tanggal 28 Mei 2024 di Aula Bapedalitbang. Kegiatan ini diikuti oleh 125 inovator yang berasal dari Perangkat Daerah dan Puskesmas se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Bimbingan Teknis yang menghadirkan narasumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman umum hingga pengetahuan teknis bagi para inovator sehingga IID Pesisir Selatan pada tahun depan meningkat menjadi predikat Sangat Inovatif.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska, SIP ketika membuka acara menekankan bahwa setiap perangkat daerah wajib untuk berinovasi dalam menjalankan tugas. “Ini penting karena sebuah inovasi adalah kunci untuk mencapai keberhasilan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mawardi Roska menjelaskan, inovasi berawal dari perubahan cara berfikir atau mindset dari bekerja dengan cara biasa menjadi bertindak out of the box. “Ini harus dibiasakan, ide – ide kreatif untuk memecahkan masalah yang ada di setiap lingkup kerja kita harus terus dimunculkan, inovasi tidak selalu menyangkut dengan biaya,” pungkasnya.

Disisi lain, Kepala Bapedalitbang Hadi Susilo memaparkan potret IID Kabupaten Pesisir Selatan yang dicapai saat ini (2023). Pesisir Selatan termasuk kabupaten dengan predikat Sangat Inovatif dan berhasil meraih penghargaan terbaik dari Provinsi Sumatera Barat pada beberapa waktu lalu.

“Kita membutuhkan 1,67 point lagi untuk bisa menembus predikat tertinggi Sangat Inovatif, dan melalui bimtek ini kita optimis mampu meraihnya sebelum periode RPJMD ini berakhir,” katanya.

Kepala Bidang pada Balitbang Provinsi Sumbar Helmi Heryanto, ST, M.Eng yang juga narasumber pelatihan mengapreaisi atas pencapaian IID yang diraih Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2023 lalu. “Saya yakin dengan motiovasi dan semangat para inovator pada pelatihan ini, tahun depan Pesisir Selatan akan meraih predikat Sangat Inovatif,” tutupnya.

Bimbingan teknis yang usai pada hari Selasa diharapkan meningkatkan keterampilan para inovator dalam merumuskan rancang bangun inovasi berikut seluruh bukti dukung yang dibutuhkan menuju kematangan yang sempurna. [vhije]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *