Dharmasraya, Pilar Bangsa News – Pasca musibah kebakaran yang melanda Pasar Lama Pulau Punjung beberapa hari yang lalu meninggalkan trauma yang dalam pada diri anak anak korban kebakaran. 

Peduli dengan kondisi trauma yang dialami anak anak, Komunitas Anak Pecinta Alam Dharmasraya yang terhimpun dalam Apac Dharmasraya menggagas sebuah kegiatan untuk memulihkan rasa trauma pada anak korban kebakaran. 
Kegiatan Trauma Healing yang digelar Minggu ( 6/8/2017 ) disambut baik oleh Komunitas Intelektual Muda Dharmasraya ( KIMDHA) dan Partai PKS Dharmasraya dengan menurunkan Tim Motivator ke lokasi kebakaran di jorong Pasar lama. 

Dua tim motivator dari Kimdha dan PKS Dharmasraya secara bergantian memberikan motivator Trauma Healing pada 20 orang anak korban kebakaran yang mengalami trauma di tenda yang telah didirikan oleh BPBD Dharmasraya. 

Suasana Healing Trauma yang awalnya anak anak masih terlihat kaku akhirnya berubah menjadi suasana gembira bagi anak anak yang mengalami trauma, terlihat suara tawa dan canda antar mereka mulai terjalin sampai berakhirnya kegiatan  Healing Trauma berakhir. 

David Iskan Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung sangat merespon positif kegiatan yang dilakukan oleh tim Healing Trauma yang di bentuk oleh Kimdha yang dipimpin Dr. Sujito sebagai Ketua Kimdha dan Irmon. S. Hut Ketua PKS Dharmasraya ,seraya terus memantau perkembangan anak anak korban kebakaran didaerah yang ia pimpin ini. 

” Sejak kejadian kebakaran anak anak ini hanya bermain sendiri sendiri saja ditempat mereka tinggal, dengan adanya Healing Trauma ini mereka mulai bermain bersama dan kembali bersosialisasi antara mereka ” ujar David Iskan pada awak media ini. 

Pak Surya ( 63th ) yang juga korban kebakaran merasah senang dengan kegiatan ini,  lantaran cucunya Nafizah ( 5th ) adalah anak yang paling berat mengalami trauma dibandingkan anak anak yang lainnya. 

” Ketika ada keluarga bercerita kebakaran cucu saya mendengarnya saja langsung ketakutan, saya berterima kasih sekali ini dilakukan, biar cucu saya kembali seperti semula. ” cerita pak Surya tentang trauma yang dialami cucunya. 

Sementara itu Irmon. S. Hut ketua DPD PKS Dharmasraya saat dikomfirmasi dilokasi Healing Trauma diadakan mengatakan, ” Kami dari PKS turut terlibat pada kegiatan Healing Trauma ini adalah sebagai bentuk rasa peduli kami terhadap anak anak sebagai generasi penerus nantinya, semoga saja dengan adanya Healing Trauma ini anak anak bisa melupakan pengalaman buruk yang mereka alami dan kembali bermain seperti semula. ” imbuhnya. 

Pantauan media ini dilapangan pasca kebakaran, korban kebakaran sudah pindah ke rumah kontrakan dan tinggal satu keluarga lagi yang masih ditampung di ruko pasar lantaran belum dapat rumah kontrakan. 

Pada awak media ini warga berharap pihak pemerintah dapat membantu untuk meremajakan kembali instalasi listrik di pasar lama yang bangunan banyak yang tua ini lantaran keadaan ekonomi mereka yang paspasan. ( Rjl)

By Pilar