Dharmasraya, Pilar Bangsa News.com.– Tak kenal hari kerja Minggu ( 13/8/2017 ) Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya Darisman.S.Si.MM, gandeng perwakilan Asosiasi Camat se Dharmasraya dan Kepala BP3K Koto Besar sambangi Suku Anak Dalam atau Suku Kubu ke pedalaman Sitiung IV Kecamatan Koto Besar.

Darisman Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya bersama Arwenta Camat Koto Padang Laweh, Zulkifli Camat Timpeh, Imam Mahfuri Camat Asam Jujuhan wewakili Asosiaai Camat se Dharmasraya dan Kepala BP3K Koto Besar Adisda, datangi Suku kubu dalam rangka menindaklanjuti program kerja BP3K Koto Besar dalam membina Suku Anak Dalam atau Suku Kubu di bidang pertanian setelah terbentuknya kelompok tani. 

Tak hanya sebatas memberikan bantuan bibit cabe dan jagung rombongan juga membawa sembako sumbangan dari Asosiasi Camat se Dharmasraya, rombongan itu juga melakukan sosialisasi tentang teknik bertani tanaman untuk kebutuhan sehari hari, seperti jagung, cabe, kacang tanah dan umbi umbian oleh Adisda, S. SPKP kepada Suku Kubu tersebut. 

Tujuan sosialisasi yang dilakukan agar Suku Anak Dalam itu bisa sedikit merencanakan hidup dan pemenuhan kebutuhan mereka agar mereka sendiri yang melakukan bercocok tanam
” Kita akan selalu mengarahkan pemberdayaan pertanian di Kabupaten Dharmasraya tidak hanya pada masyarakat bisa, tapi juga ke Suku Anak Dalam karena ada persamaan hak di Republik ini, kita arahkan akan arahkan Suku Anak melakukan pertanian tradional yang ramah lingkungan bukan dengan pertanian modern karena disesuaikan dengan kondisi mereka dengan pola tumpang sari di perkebunan masyarakat atau di sepanjang tepi sungai tempat mereka menetap ” ujar Darisaman. 

” Pembangunan Dharmasraya di era Suka Aman tak hanya mulai dari pinggiran saja tetapi juga menyentuh Suku Anak Dalam ” sambung Kadis yang akrab dengan wartawan ini. 

” Kita cukup bangga dengan terobosan yang dilakukan oleh Kepala BP3K ini dan berharap juga ditindak lanjuti oleh para Camat untuk memperhatikan keberadaan suku anak dalam yang tersebar di berbagai kecamatan di Dharmasraya ini. ‘ kata Darisman kepada awak media ini. 

” Memberi penyuluhan pada petani itu sudah biasa tetapi melakukan penyuluhan kepada Suku Anak Dalam itu baru luar biasa ” sambung Arwenta Camat Padang Laweh ini seraya memuji langkah Dinas Pertanian Dharmasraya dalam melakukan pemberdayaan terhadap Suku Anak Dalam atau yang terkenal dengan sebutan Suku Kubu.( Rjl)

By Pilar