Pilarbangsanews.com.Painan – Warga kota kecil Painan siang tadi seusai Jum’at bak lebah buncah, menyaksikan arak – arakan Pawai Alegoris memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -72 Tahun yang digelar Pemkab Pessel.

Ribuan warga keluar rumah dan menunggu hampir disepanjang jalan    yang akan dilalui para peserta pawai .

Pawai dimulai di depan halaman kantor Bupati Pesisir Selatan. Ketua TP-PKK Pessel Lisda Rawdha didaulat  melepas puluhaan kelompok peserta pawai, mulai dari OPD yang ada di Pemkab Pessel, istansi terkait seperti Kepolisian,TNI, Per Bank kan, Pelajar TK, SD,SMP, SMA dan SMK.

Sambil berdiri diatas panggung kehormatan, selembar kain petak petak biru putih berbentuk bendera yang diikatkan pada tongkat, diangkat keatas oleh Lisda Rawdha, sebagai tanda satu kelompok peserta boleh start pawai untuk menyisiri route yang telah ditentukan.
Setiap kelompok peserta dilepas oleh Ketua TP-PKK Pessel secara bergantian.


Berbagai busana  adat istiadat mulai dari Sabang sampai Merauke diperagakan oleh peserta selain itu ada juga berperan sebagai tokoh para pejuang, polisi, Tentara dan perawat.

“Ini bagian dari menyambut HUT RI Ke 72 tahun. Dan merebutkan piala bupati Pessel ,” ujar Lisda Hendrajoni saat mengibarkan kain petak petak hitam putih dari dipanggung kehormatan.
Ia mengatakan, pawai aligori mobil hias, marching band, serta arak – arakan peserta pawai ini diikuti dari seluruh OPD, Istansi Terkait lainya, sekolah TK,SD,SMP,SMA dan SMK se Kota Painan.
Dan meyisiri ruas jalan di kota painan, mulai dari depan kantor Bupati, simpang empat lampu merah kantor Bupati, simpang ajinomoto, Simpang empat lampu merah pasar inpres painan, bundaran tugu dinas pendidikan dan finis di kantor bupati.
Dengan melambaikan tangan para peserta pawai aligori didepan podium kehormatan . Mendapat aplus tepuk tangan dari para pejabat dan undangan yang hadir. (LR/M)

By Pilar