Dharmasraya, Pilar Bangsa News – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE membuka secara resmi Launching Nagari Mandiri Pangan dan Gerakan Penanaman Perdana bibit buah-buahan, selasa (22/8) di jorong Sungai Lansek Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung.

Tampak hadir Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Propinsi Sumatera barat Efendi MP, Kepala dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya Ramilus, Sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Dharmasraya, Para Camat Serta Kelompok tani jorong Sungai Lansek dan Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam sambutan Bupati Sutan riska menyampaikan Terima Kasih kepada Pemerintah Propinsi Sumatera barat melalui Dinas Pangan dan Perikanan yang telah memberi kesempatan kepada kabupaten Dharmasraya untuk Penanaman bibit buah-buahan.

Dikatakan Sutan riska, bahwa dengan adanya Program ini bisa menambah dan meningkatkan Taraf Perekonomian Masyarakat.
“Kita berharap dengan adanya Program Nagari Mandiri Pangan bisa menambah Ikon di jorong Sungai Lansek” Ucapnya.

Selain itu bupati mengungkapkan Keinginan Jorong Sungai Lansek menjadi Sentra Jeruk lemon.

“Jeruk lemon Merupakan Salah satu buah-buahan yang terkenal di nagari Siguntur ini” bebernya.

Di akhir sambutannya, bupati mengharapkan Kerja sama yang baik Antara kelompok tani agar kedepan nya bisa memajukan daerah nya.

Sementara itu Kadis Pangan dan Perikanan Propinsi Sumbar Efendi MP menyampakan bahwa pada Tahun 2017 ini Dharmasraya mendapat 2 buah Kenagarian Nagari Mandiri Pangan yaitu kenagarian Sigintur dan Timpeh.

” tahun ini ada 21 Nagari yang terpilih untuk Program ini, 2 diantara nya di Dharmasraya” Ungkapnya.
Menurut Efendi Dharmasraya merupakan  Launcing yang Ke 5  Kabupaten/kota di Sumatera barat.

“Selama 4 tahun kedepan kita akan terus memantau Penanaman bibit buah-buahan, jika ada yang mati kita segera menggantikan bibitnya” Pungkasnya.

Ditempat yang sama Rahmat salah seorang tokoh Masyarakat menyampaikan Rasa terima Kasih atas Bantuan yang di berikan oleh Pemerintah Propinsi melalui Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Ditambahnya, Kelompok tani Usaha bersama yang dibentuk nya berdiri dari 2004 dan Jorong Sungai Lansek memiliki Potensi dalam bidang Perikanan dan Peternakan.

“Kami berharap kedepan nya bisa mendapatkan bantuan bibit dari Pemkab Dharmasraya karena selama ini Daerah nya Sangat Minim mendapatkan bantuan dan ini Menjadi Awal yang baik untuk jorong Sungai Lansek” Tandasnya.( Rjl )

By Pilar