PilarbangsaNews.com.Solok – Yondri Samin Gunuang Ameh kelahiran Muaro Paneh 9 Juli 1965 ini adalah Wakil Ketua DPRD Kab. Solok. Dirinya menjadi wakil ketua dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan sejak 2014 hingga sekarang.
“Dulu saya dosen di Fakultas Hukum UMMY Solok dan UNES Padang, tidak pernah terbayang akan jadi wakil rakyat, alhamdulillah kini saya diamanahkan sebagai Wakil Ketua DPRD Kab. Solok dari Fraksi PPP”, Kata Magister Hukum Unes Padang itu beberapa waktu lalu.
Dirinya mengatakan, menjadi anggita dewan merupakan amanah rakyat dari Dapil III dan buah perjuangan bersama team dan masyarakat.
“Saya maju sebagai wakil rakyat dari PPP dan menang berkat amanah masyarakat dan perjuangan team yang membantu”, kata Mantan Ketua Pemuda IKPM Padang itu.
Jabatan Ketua Pemuda IKPM (Ikatan Keluarga Perantau Muaro Paneh) Cabang Padang itu disandangnya setelah lulus dari SMA Negeri 1 Solok Tahun 1985 yakni saat dirinya berstatus sebagai mahasiswa S1 Ilmu Hukum di Universitas Bung Hatta. 
Jabatan sebagai Sekretaris DPC PPP Kab. Solok yang disandangnya juga berhasil membawanya menjadi Ketua DPC PPP. Semasa berproses di SMP Standar Muaro Paneh (Kini SMPN 1 Bukit Sundi) pria yang pernah aktif di BMN Muaro Paneh ini juga pernah dipercaya sebagai Ketua Osis SMP Standar Muaro Paneh. 
“Sejak SMP saya dipercaya kawan-kawan untuk memimpin pergerakan, alhamdulillah amanah itu saya selesaikan sampai masa bhakti berakhir”, kata Alumni SDN 1 Muaro Paneh tersebut.
Usai kuliah dirinya bekerja di sebuah perusahaan swasta di Padang dan akhirnya menjadi dosen di Fakultas Hukum UMMY Solok dan UNES Padang. “Karna terlibat dalam politik lalu dipercaya sebagai wakil rakyat maka profedi dosen saya tinggalkan, biar bisa berbuat lebih banyak lagi dimasyarakat”, jelas Mantan Ketua Pembangunan Kantor Wali Nagari Muaro Paneh itu.
Pria yang pernah aktif sebagai Sekretaris Panitia Pemilihan Daerah Tingkat II (Kini Komisi Pemilihan Umum) Kab. Solok mengaku kemenangannya berkat solidaritas yang tinggi dari team yang ia anggap saudara. “Dalam politik saya tidak ada team tapi saudara. Semua team itu saudara saya, siapapun dia”, ujar Yondri Samin.
Menurutnya, diperlukan solidaritas team untuk sebuah tujuan besar dan perlu menjaga team itu agar tetap solid. “Saya hanya punya teman , seluruh team itu adalah teman saya yang solid. Mereka yang mengantarkan saya jadi wakil rakyat dengan sosialisasi ketengah masyarakat”, cetusnya dengan senyuman yang ramah.*** Risko 

By Pilar