PILARBANGSANEWS. COM. SOLOK KOTA,– Guna meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri dalam hal menjaga Kamtibmas dari pengaruh paham radikalisme, terorisme dan ISIS, Polres Solok Kota mengadakan Tabligh Akbar.

Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Al Kausar Polres Solok Kota, dengan pemberi ceramah ustadz DR. Ali Musri Semjan Putra Lc, MA dengan temanya “Menangkal Paham Radikalisme, Teroris, ISIS”, Sabtu (20/1).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Dt Pandeka Mudo Kayo S.Ik.,M.H, pejabat utama Polres Solok Kota, para Kapolsek, anggota Polres dan Polsek sejajaran. Turut juga hadir Walikota Solok (mewakili), Dandim 0309 yang diwakili, Kemenag Kota Solok, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kodim 0309 Solok.

Diawal sambutannya Kapolres Solok Kota,  Dony Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada penceramah dan kepada seluruh personil khususnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kodim 0309 Solok. Kapores menghimbau kepada seluruh anggota agar betul-betul mendengarkan isi ceramah sebagai modal dasar untuk membentengi diri.

“Tujuannya untuk mendeteksi dini dari bahaya paham Radikalisme, dan selanjutnya mensosialisasikannya kepada masyarakat di wilayah binaannya masing-masing”, ucap AKBP Dony Setiawan kepada TNS.

Dr. Ali Musri Semjan Putra Lc, MA, dengan tegas menggambarkan ciri-ciri paham radikalisme, terorisme dan ISIS, pemahaman yang melatarbelakanginya serta yang paling utama adalah paham tersebut bukan bagian dari agama ISLAM yang cinta damai serta tauladan-tauladan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Diakhir ceramahnya, Dr Ali Musri mempersilahkan sesi tanya jawab seputar materi diantaranya bagaimana menyikapi banyaknya pesantren di wilayah lain yang didatangi bahkan dibuarkan oleh warga masyarkaat karena diduga mengajarkan paham radikal.

Harapan besar dari Kapolres dengan adanya acara ini, Bhabinkamtibmas dapat menghimbau masyarakatnya dan bersama masyarakat mampu mendeteksi sejak dini bila ada dugaan paham radikal di wilayah hukum Polres Solok Kota.

Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Dai Kamtibmas diharapkan bersatu untuk proaktif mensosialisasikan ilmu yang diperoleh sehingga dapat mencerdaskan warga dan menjauhkannya dari paham radikal, terorisme dan ISIS.(Syas).

By Pilar