Tam Arang dan Utiah Kapeh

Baliho Balon Gubernur/Wakil Gubernur Mulai Merimba di Sumbar (Bag 22)

Batang Kapeh, Pilarbanngsanews.com, — Di Lepau Mak Gambuang pagi ini ada tamu dari Sungai Tunu Kecamatan Ranah Pesisir. Namanya Maijon Priandi salah seorang Facebooker yang rajin menulis komentar komentar pedasnya terkait hasil pembangunan di Pesisir Selatan. Utiah Kapeh menyapa tamu itu dengan sapaan Bang Jon.

Antara Utiah Kapeh dengan tamu ini baru kenal. Perkenalan mereka atas rekomendasi dari Pak YY. Ada semacam kesepakatan antara Pak YY dengan Bang Jon, bahwa Bang Jon akan hadir minum kopi bareng bersama Tam Arang cs di Lepau Mak Gambuang, pagi ini Selasa (8/10/2019).

Di Kampung Tam Arang ini, ada kebiasaan unik yang belum dimiliki oleh kampung lainnya baik di Indonesia. Kebiasan unik itu adalah terletak pada jadwal kunjungan. Setiap tamu yang datang selalu ingin sholat subuh di Surau Labai Litak.

Keunikan lainnya adalaah lama kunjungan tak lebih dari 50 Menit. Tepat pukul 7:00 Lepau minuman tak dibenarkan lagi menerima customer. Siapapun dia tanpa kecuali. Itu pula yang membuat Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tertarik datang berkunjung ikut dalam ota lamak pagi bersama Tam Arang cs.

Pagi ini Bupati Pesisir tidak hadir di Lepau Mak Gambuang. Belum didapat informasi terkait alasan kenapa bupati tidak hadir. Tadi pagi sebelum masuk waktu subuh,
Bang Fadli ajudan Bupati Hendrajoni, megirim pesan singkat lewat We-A kepada Utiah Kapeh menginformasikan bahwa Pak Bupati tidak hadir hari ini. SMS Bang Fadli dibalas oleh Utiah Kapeh dengan bertanya kenapa Bupati tidak hadir?

Balasan pesan We-A Utiah Kapeh pada Bang Fadli sudah terkirim dan masuk, tapi belum dibalas dan pesan itu belum di reading oleh Bang Fadli. Mungkin Bang Fadli lagi bakalesoh.

“Apo judul carito kito kini Pak Jon,” kata Tam Arang memulai ota lamak mereka pagi ini.

“Sebagai tamu ambo manyasuaikan sajo lah Pak Utiah. Tapi sabalum ota, kito pumulai, ambo minta ka apak-apak di siko jangan lah ba abang pulo ka ambo, sabab umua ambo alun setahun jagung dan darah belum satampuak Pinang . Sadang kan apak-apak disiko lah labiah dahulu makan karak dari ambo,” kata Maijon merendah rendah. Maijon kalau di Facebook komentar cukup keras tapi ketika berhadapan muka dengan warga Lepau Mak Gambuang, ternyata tingkat adaptasinya cukup tinggi. Malah lebih santun dibanding si almarhum Buyuang Santun itu sendiri.

“Kalau manuruik deyen kito cubo membahas maslah Pilgub/wagub lai setuju?” kato Tam Arang.

“Ancak tu mah, kito sorot kurenah para figur nan lah besarak serak balihonyo,” kata Mas Tartok.

“Nan paling banyak den caliak baliho Pak Kapolda. Di Pasisie saja, satiok kecamatan tu tapampang gadang baliho Pak Irjenpol Fakhrizal lengkap dengan uniform beliau.” kata Tam Arang.

“Baliho Pak Kapolda itu, jangan sampai salah interpretasi ang Tam, itu bukan baliho Calon Gubernur. Tapi Baliho Irjenpol Fakhrizal dalam kapasitasnyo sebagai Kapolda Sumbar untuak menyampaikannya imbauan-imbauan,” kata Utiah Kapeh.

“Batuah apo nan dikatokan dek Utiah Kapeh mah Tam. Sabab kan alun ado pernyataan resmi dari Irjenpol Fakhrizal, nan beliau ka mancalon jadi gubernur. Jadi alun bisa dikatokan Pak Kapalo Polda sebagai nan ka jadi calon Gubernur,” kata Udin Saga membenarkan Utiah Kapeh

“Salamo iko apo lai sarami kini baliho Pak Kapolda? ” Tam Arang balik bertanya.

“Sia nan mambuekkan tu? Pak kapolres atau kapolsek?” Labai Litak bertanya.

“Sia nan mambuek mangapo pulo diselidiki bana. Tu ndak urusan awak tu doh. Beko kanai ang pasal pencemaran namo baik. Lai talok ang dibalanggu kemudian dimasukkan ka kandang situmbin? ” Utiah Kapeh mencoba mengingatkan.

“Ang pancameh bana mah Tiah, ndak ka bantuak itu bana Pak kapolda itu doh, liau tu polisi ninik mamak mah. Itu diakui dek sebagaian banyak masyarakat bahaso Pak Kapolda itu adalah kapolda nan menerapkan gaya kepemimpinan ninik mamak,” kata Tam Arang.

“Iyo pulo mah Tiah, contohnyo Pak kapolda awak ko, ado mahasiswa nan demo anarkis baru baru ko, patuiknyo dapak ditahan mampagunokan alasan subyektif, tapi ditangguhkan penahan nyo. Si mahasiswa bisa taruih kuliah sampai proses penyidikan kasus diserahkan ke pihak kejaksaan, ” kata Mas Tartok.

“Baa manuruik Bang Jon tu?” Utiah Kapeh mencoba memancing Maijon Priandi untuk ikut berkomentar.

“Tak ado nan paralu ambo tambahkan do lai. Komentar apak apak lah sangat argumentatif mah. Salut ambo ka apak apak. Wajarlah Pak Bupati HJ suko kamari pai maota lamak, ditambah lo dek manih nyo kopi Mak Gambuang,” kata Bang Jon memuji.

“Sa-sa-sa-lain baaa-ba-baliho P-Pak Ka- Ka-Pol-da, sia na-nan banyak lai?” tanya Udin Gagok.

“Mulyadi namonyo.” Maijon Priandi menjawab.

“Mulyadi ko sia? Dan dari partai apo beliau tu?”

“Den ndak kenal sama beliau itu doh, tapi kabanyo beliau itu anggota DPR-RI yang paling banyak meraup suaro pado pileg nan lalu.” kata Utiah Kapeh.

“Kalau Anggota DPR RI tu mancalon lai ndak harus mundur diri jadi anggota DPR-RI, mako bisa jadi calon?” tanya Lebai Litak.

“Kato Pak Mulyadi tu katiko nyo tanyo lewat we-a samo Pak YY, alun jaleh lai, jawab Pak Mulyadi. Lantaran UU Pilkada baru akan dibahas dek DPR-RI,” kata Utiah Kapeh.

“Ow lah kenal Pak YY samo Pak Mulyadi itu, Tiah? ” tanya Tam Arang.

“Raso den alun kenal bana lai. Tapi Pak YY ko lagaknyo SKSD (sok kenal sok dekat) mah. Itulah ciri ciri seorang wartawan itu. Bagi dia, kenal tak kenal sama sumber berita gak menjadi pertimbangan , yang penting sumber berita amuah diwawancarai, alah tu mah.” kata Utiah Kapeh menjelaskan.

“Pillkada Gub/wagub tahun 2020 bisuak ko, agak seru sakatek yo Tiah?” kata Tam Arang mengalihkan pembicaraan ke bahasan lain, namun sungguh pun beralih, beralihnya tetap masih soal pilkada.

“Dimana letak serunya, Tam,” tanya Mas Tartok

“Ada anak muda, Kampungnya di Tapan. namanya Faldo Maldini. Bakal meramaikan bursa balon gub/wagub Sumbar.”

“Kelau gitu bakal rebut-rebutan pendukung dengan Nasrul Abit sama sama orang Pessel yang konon sama sama punya keinginan jadi balon. ”

“Hasil tarawangan den a apak apak. Kaduonyo tak satupun akan ikut dalam pilkada Sumbar. Catat hasil tarawangan den ko kini. Samo samo kito caliak buktinya bisuak, ” kata Ujang Saga menutup ota lamak pagi ini di Lepau Mak Gambuang.

Yang lain pada melongo dan tak ada yang mencoba berkomentar, sebab jam menunjukkan pukul 7:00, Lepau harus kosong dari para tamu. Begitu aturannya di kampung Tam Arang dan Utiah Kapeh ini. (****)

Bersambung….

Klik di bawah Ini sambungnya;

Faldo Maldini Bakal Calon Gubernur Sumbar Dari Tapan Pesisir Selatan…

Baca juga;

Sesumbar Zentoni Gugat Bupati Pessel, Ceritanya Tercecer Dimana? (Bag 21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *