.

73 Tahun Yayasan Hang Tuah, Kini Miliki Dua Engine Simulator

Surabaya, PilarbangsaNews

Puncak kegiatan dalam rangka memperingati HUT Yayasan Hang Tuah Ke-73 tahun 2020 di gelar di Hotel Utami Sidoarjo dengan tasyakuran yang menghadirkan keluarga besar Yayasan Hang Tuah yang berdomisili di Surabaya-Sidoarjo.

Tasyakuran dihadiri langsung oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Dra Manik Siwi Sukma Adji, Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Dien Mintoro Yulianto, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP, Komandan Pusnerbal Laksma TNI Edwin, SH., M.Han, Ketum YHT Laksda TNI (Pur) Amri Husaini beserta pengurus inti lainnya, pada acara Tasyakuran, Senin (03/02/20).

Kurang lebih 1.300 anggota Yayasan Hang Tuah baik guru dan karyawan serta 65 siswa berprestasi tingkat nasional maupun internasional hadir dalam tasyakuran tersebut.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. Seputa, SKM., MM pada kesempatan ini memaparkan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT YHT tahun 2020 yang telah dilaksanakan, khususnya di Surabaya. Kegiatan antara lain lomba olahraga untuk siswa SD, SMP, SMA/SMK (futsal, bola voli, basket), kunjungan ke Satdik perwakilan Semarang dan Tegal, makan ikan serentak, lomba lingkungan sekolah sehat, donor darah, kuis hang tuah pasti bisa, Olimpiade Sain (OS2HT), Olimpiade Bahasa Inggris, orasi anti narkoba, yel-yel anti narkoba, lomba guru berprestasi, training Bahasa Inggris dan anjangsana ke keluarga YHT yang sedang mengalami musibah.

Ketua Pengurus juga menjelaskan bahwa, Ketua Pembina akan meresmikan 2 Brigde Simulator yang di miliki SMK KAL-2 Surabaya dan SMK Pelayaran Jakarta Raya dengan penandatanganan prasasti yang telah disiapkan serta penandatanganan MOU antara Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah dengan Rektor Unesa tentang program Pendidikan Magister (S2) dan Doktor (S3), MOU antara Ketua Umum YHT Laksda TNI (Pur) Amri Husaini dengan Manager Mentari/Oxford Juni Rimba tentang pembelajaran Cambridge English sehingga akan segera terwujud SMP Hang Tuah 6 Excellent dan satdik-satdik SMA Hang Tuah menjadi Sekolah Nasional Plus.

Brigde dan Engine Simulator sangat diperlukan bagi siswa SMK jurusan Pelayaran, karena sangat menunjang teori dan praktek. Alat ini merupakan simulasi kapal saat berlayar mulai keluar alur pelabuhan hingga trek pelayaran yang akan ditempuh, termasuk di dalamnya adalah engine simulator/cara mengoperasikan mesin pada saat kapal berlayar.

Dana pembangunan satu Brigde dan Engine Simulator pun sangat besar Rp3,5 miliar yang berasal dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dengan system multi year dimana pengadaannya 1-2 tahun, sejak 2018-2019.

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Dra Manik Siwi Sukma Adji yang juga istri orang nomor satu di TNI AL/Kasal sebelum hadir di tengah-tengah keluarga besar Yayasan Hang Tuah, meresmikan operasional Bus Sekolah SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Dalam sambutannya Ketua Pembinan YHT menyampaikan bahwa, Yayasan Hang Tuah merupakan organisasi di bawah pembinaan TNI AL Jalasenastri bergerak dalam bidang pendidikan mulai pra sekolah hingga pendidikan menengah. Saat ini menjadi satu lembaga yang besar, disegani dan diperhitungkan di masyarakat, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mempertahankan dan berinovasi dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas, berkarakter dan berwawasan kebaharian.

Pada HUT kali ini YHT mengambil tema “Dengan Karakter Jiwa Bahari, Yayasan Hang Tuah Siap Membentuk SDM Yang Unggul Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Maju”. (salut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *