Pendidikan

Sarat Makna, Purnawiyata dan HUT ke-59 SMK KAL-1 Surabaya

Surabaya, PilarbangsaNews

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya tepat berusia 59 tahun pada tanggal 01 November 2020, menyambut HUT kali ini, sekolah yang berdomisili di daerah basis Pendidikan TNI AL Kodiklatal menyelenggarakan beberapa kegiatan berupa peresmian fasilitas pendidikan, Rabu (04/11/20), yang diresmikan penggunaannya oleh Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M selaku Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya berupa car lift, ruang studio dan long room SMK KAL-1 yang baru selesai pembangunannya.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si menuturkan bahwa car lift ini dibangun guna menunjang praktikum siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan/otomotif, ruang studio yang akan digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring secara live, sementara itu pembangunan long room disesuaikan dengan kondisi sekolah yang ada.

Sebagai puncak HUT SMK KAL-1 ke-59, dilaksanaan penutupan pendidikan/ purnawiyata bagi siswa yang telah lulus pada tahun pelajaran 2019/2020 di Gedung Gaha Samudra Bumimoro (GSB) Surabaya yang berada di komplek Kodiklatal bersebelahan dengan keberadaan SMK KAL-1.

Purnawiyata ditengah pandemi Covid-19 merupakan kegiatan terberat, karena harus menenuhi beberapa persyaratan khusus antara lain, siswa dan orang tua yang hadir dalam kondisi sehat, harus melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan, cuci tangan, jaga jarak, bermasker, pakai sarung tangan serta menggunakan face shield.

SMK KAL-1 tahun pelajaran 2019/2020 meluluskan 248 siswa dari 4 jurusan yang di miliki, dari jurusan Teknik Pemesinan(TPM) 77 siswa, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 91 siswa, Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 42 siswa dan Teknik Audio Video (TAV) 38 siswa.

Ketua Pengurus YHT Cabang Surabaya, Drs SD Seputra, S,K,M.,M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh siswa yang telah menyelesaikan pendidikan di SMK KAL-1 yang pada hari ini mengikuti Purnawiyata yang diselenggarakan sekolah. “Kelulusan kalian adalah bukan merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang yang penuh hambatan, tantangan dan persaingan yang besar,” kata SD Seputra.

Ada yang sangat unik tersuguh di podium saat seorang wanita cantik, muda penuh percaya diri menghadap sang Lentan Kolonel yang tidak lain adalah Kepala Sekolah SMK KAL-1. Wanita ini membawa pigura bergambar foto sang adiknya, yang ternyata telah dipanggil Yang Maha Kuasa beberapa minggu setelah pengumuman kelulusannya. Dengan hati penuh ke ikhlasan dia berkata : “Purnawiyata SMK KAL-1 ini kupersembahkan untuk adikku almarhum Diky Ristanto”.

Ternyata dari enam bersaudara, dua kakaknya terdahulu juga alumni SMK KAL-1 dan Almarhum Diky Ristatno masih punya adik kandung wanita, ternyata juga punya idaman sekolah di SMK KAL-1.

Dari 248 siswa yang telah lulus, berhasil mencapai nilai terbaik 1 Ujian Nasional Fadhil Arif dari XII TKR dan terbaik 2 UN Muhammad Lutfi Ubaidillah dari XII TITL.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya pada kesempatan tersebut memberikan piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan kepada kedua siswa berprestasi di Ujian Nasional yang mereka ikuti. (Relis/Salut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *