Tanah Datar

Arakan Saribu Talam Warnai Festival Pesona Pangian, Bupati Sampaikan Terima Kasih

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Arakan Seribu Talam mewarnai Festival Pesona Pangian 2023, yang merupakan salah satu nagari yang melaksanakan Program Satu Nagari Satu Event di Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat membuka Festival tersebut, Minggu (3/12/2023) di lapangan depan kantor Camat Lintau Buo menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia pelaksana dan dukungan masyarakat serta perantau dan pihak lainnya yang terlibat.

“Festival ini menjadi pelaksanaan kedua kalinya yang dilaksanakan Nagari Pangian dalam rangka dukungan terhadap Progul Satu Nagari Satu Event. Tentunya Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena komit dalam melaksanakan kegiatan ini,” sampainya.

Seperti yang terus disampaikan, ungkap Bupati, Progul ini diharapkan memberikan multiplier effect kepada masyarakat di nagari.

“Disamping mendorong pelestarian adat, budaya dan kuliner khas di Nagari, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak perputaran dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ini dibuktikan dari laporan yang disampaikan kepada Saya, dimana pelaksanaan festival di Nagari Simawang beberapa waktu lalu terjadi perputaran ekonomi mencapai kurang lebih Rp2,5 miliar,” kata Bupati.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan festival yang juga menampilkan tarian massal dan juga kesenian lokal dari nagari Pangian.

“Saya apresiasi festival ini, karena yang tampil murni dari masyarakat Nagari Pangian. Saya saksikan tari kolosalnya juga sangat bagus, Insya Allah kita tampilkan di Festival Pesona Minangkabau yang akan dilaksanakan 7 sampai 10 Desember di Istano Basa Pagaruyung dan disaksikan tamu kita dari 54 negara di dunia,” tukasnya.

Sebelumnya Wali Nagari Pangian Hijrah Adi Syukrial menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Nagari, tokoh masyarakat, perantau dan panitia pelaksana atas dukungan dan kerja kerasnya mewujudkan acara tersebut.

“Kegiatan ini baru kami persiapkan dalam waktu seminggu ini. Alhamdulillah berkat kerja keras, kerjasama dan dukungan seluruh elemen masyarakat Nagari Pangian, baik yang di ranah ataupun di rantau, festival ini bisa digelar dua hari ini,” sampainya.

Hijrah juga sangat optimis, bahwasanya Festival Pesona Pangian 2023 akan tetap mampu menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten dalam melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event.

“Rasa optimis kami untuk tetap menjadi terdepan, karena dalam penyelenggaraan kami menjadi satu-satunya yang berkolaborasi dengan perbankan yakni Bank Syariah Malibu dan juga dengan Taman Budaya Sumbar yang melaksanakan seminar adat dan budaya untuk ninik mamak,” kata Wali Nagari.

Sementara itu tokoh nasional sekaligus tokoh perantau Prof. Fasli Jalal menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas pelaksanaan Festiva Pesona Pangian 2023.

“Tahun kemarin, festival Pangian mampu menjadi terbaik. Tentunya hal itu menjadi kebanggaan bagi kami perantau dan masyarakat Nagari Pangian, karena ini menjadi salah satu bahan cerita kami ke anak cucu nantinya. Semoga tahun ini Festival Pesona Pangian ini juga mampu menjadi terbaik kembali,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang turut dilaksanakan syukuran dan launching Bank Syariah Malibu turut dihadiri anggota DPRD Propinsi Sumbar, perwakilan Gubernur Sumbar, Kepala OJK Sumbar, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Bupati sisa masa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, OPD di lingkup Pemkab Tanah Datar, Camat Lintau Buo, Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Lintau Buo, BPRN, KAN dan undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *