PILARBANGSANEWS.COM. BUKITTINGGI,– Kementerian Agama Kota Bukittinggi memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-72, di Lapangan MAN 2 Panganak, Rabu (3/1).

Inspektur upacara Walikota Ramlan Nurmatias, SH, dihadiri oleh Forkopimda, SKPD di lingkungan Pemko Bukittnggi, ASN di Lingkungan Kemenag, Penyuluh Agama, Perbankan yang ada di Bukittinggi, Dharma Wanita di lingkungan Kemenag, Siswa sekolah di jajaran Kemenag serta pensiunan Kemenag Kota Bukittinggi.

Dalam sambutan tertulisnya Menteri Agama RI dibacakan oleh Walikota Bukittinggi mengatakan,  bahwa Kementetian Agama hadir adalah untuk mengatur, membimbing , melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, pelaksanaan tugas dan fungsi Kemeneterian Agama merupakan denyut nadi kebangsaan.

“Melihat amat pentingnya tugas itu, maka disetiap diri aparatur Kementerian Agama, melekat beberapa misi yang saing terkait. Misi itu antara lain, mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar ummat beragama”, ujarnya.

Kemudan juga dikatakan bahwa dengan tema yang diusung tahun ini “Tebarkan Kedamaian” dimana hakikatnya adalah agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian, dimana kedamaian merupakan pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. 
Kedamaian merupakan jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. “untuk itu saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di tanah air agar bersama – sama menjadi duta penebar perdamaian. Mari kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menentramkan dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera” himbaunya.

Pada kesempatan tersebut Walikota Ramlan juga menyerahkan Penghargaan pengabdian Satya Lencana Karya Satya kepada 40 ASN dilingkungan Kemenag dengan masa kera 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Disamping itu juga diserahkan bantuan kepada ASN yang mengalami tokonya kebakaran di pasar Simpang Aur bulan Nopember tahun lalu yaitu kepada Ilham Putra (Seksi PHU Kemenag), H.Fitriyeni (MTsN 1) dan Sri Aslam (MTsN 2).

Memperingati Hari Amal Bhakti tahun ini juga telah dilaksanakan berbagai lomba yang penyerahan hadiahnya dilaksanakan pada hari ini diantaranya adalah Lomba Karya Tulis, Pertandingan Badminton, Tarik Tambang, Sepak Takraw, Pacu Karung, Lomba Membuat Teh Telur, Memasak Nasi Goreng dan Asah Otak. Kemudian upacara diakhiri dengan donor darah. (Ylm)  

By Pilar