Tam Arang dan Utiah Kapeh

Masjid Terapung di Carocok Painan, Mantap Pak Bupati; Lanjutkan….

Batang Kapeh, Pularbangsanews.com, — Tam Arang cs di Lapau Mak Gambuang, pagi ini memberikan apresiasi kepada anggota Banggar DPRD Pesisir Selatan, yang telah berhasil menuntaskan pembahasan APBD 2020 yang pada hari kemaren Senin telah disahkan bersama-sama dalam Rapat Paripurna DPRD Pesisir Selatan.

“Mas Tartok, kito paralu pagi ko menyampaikan apresiasi kito ka anggota DPRD Pesisir Selatan, atas telah berhasilnyo pembahasan APBD oleh anggota DPRD Pessel sehingga lah dijadikan keputusan. Menuruik istilahnyo lah ketuk palu, ” kato Tam Arang ketika membuka ota lamak mereka pagi ini di Lepau Mak Gambuang.

“Iyo ambo setuju kito berikan apresiasi, walupun sidang itu sempat bakaleso karano batamu jo jalan buntu antara anggota Tim TAPD dan anggota Banggar, tapi lai akhirnya anggota Banggar manuruik sajo, apo nah lah di rancang oleh TAPD. Sahinggo RAPBD itu kini lah ditatepkan manjadi APBD Pessel tahun 2020,” Jawab Mas Tartok.

“Menganai rapek di hotel pada APBD 2020 apakah masih ado Tiah?” tanya Tam Arang.

“Kok dapek kito berharap tantu ndak ado lei rapek-rapek di hotel itu. Sabab kantua DPRD Pessel kan lah rancak. Lah pakai AC pulo satiok suduik. Bagi Nan alun ado bisuak diagiah kipeh angin. Supaya anggota dewan tak tabik paluah saat ba sidang. Kok masih ado juo di APBD 2020 rapek di hotel. Iyo tak snek alah juo apak apak anggota banggar tu, ” jawab Utiah Kapeh.

“Tentang Musajik Tarapuang baa Tiah?” Tanya Tam Arang.

“Alhamdulillah masih tetap dilanjutkan, meskipun ado nan tak setuju Musajik itu dibangun. Tapi Nan satuju Musajik itu dibangun kan banyak juo, ” kata Utiah Kapeh.

“Itu lah biaso mah Utiah. Apapun Nan dibuek, dek bupati Hendrajoni itu, pasti akan ditolak dek urang nan tak suko ka bupati. Sabab bagi si penolak nyo akan mancari saribu alasan baa supaya program nan dibuek bupati HJ tak jadi. Sebaliknyo bagi nan suko, beribu alasan pulo dinyo mendukung program HJ itu. Kebaikan manusia itu relatif sifatnyo. Dan hanyo dari posisi mano kito mamandang,” Labai Litak menyela.

” Wow…, dalam makna kato-kato angku Labai nan terakhir itu, ” kata Mas Tartok.

“Yang mana?” Labai Litak balik beratnya.

“Yang ini; Kebaikan manusia itu relatif sifatnyo. Dan hanya dari posisi mano kito mamandang,” ulang Mas Tartok.

“O. Yo lah…., Lalu kini baa lai ngku?” tanyo Pakie Teliang.

“Saran kito ka pak HJ, lanjutkan sajo dengan sungguh-sungguh program nan lah dirancang dan disetujui dek legislatif itu. Jan ragu. Sabab selagi urang bebas bicara, like end this like itu pasti tak akan pernah namua beranti, ” kata Labai Litak.

“Mantap angku, wakden suai tumah, ” kato Pakie Teliang dan diaminkan oleh yang lain..

“Tiah..,” kata Ujang Saga.

“Yups Jang,” Jawab Utiah.

Tanyato Musajik Tarapuang ko lah banyak juo di Indonesia yo Tiah. Den hituang sadonyo 5 nan lah Siap, ” kata Ujang Saga.

“Dimano tu?”

Kini deyen bacokan yo namo namo Musajik nan 5 tu, ” kata Ujang Saga sembari membuka Hapenya. Kemudian Ujang Saga membacakan;

Patamo, masajik terapung Pantai Losari, Makassar. Kalau den tak salah Musajik itu diklaim sebagai Musajik Terapung nan pertamo di Indonesia.

Namo Masjid di pantai Losari itu, Amirul Mukminin. Digagas pembangunannya oleh Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

Masjid terapung di Pantai Losari

Keberadaan Musajik di Pantai Losari itu dapek memperkayo landmark Kota Makassar yang juga dikenal sebagai salah satu kota wisata religius di Indonesia. Masjid dibangun 8 Mei 2009 ini diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh Jusuf Kalla.

2. Selain Makassar, ado musaajik terapung di kota Palu. Namonyo Masjid Arkam Babu Rahman, salah satu masjid terapung yang terletak di sekitar Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Setahun lalu Palu diguncang Gampo, Musajik itu masih berdiri tapi tagaknyo agak miring dek karano di hoyak Gampo.

3. Masjid Al-Munawaroh

Musajik terapung di Indonesia lainnyo terletak di Ternate, Maluku Utara. Masjid yang terletak di sekitar bibir pantai Kota Ternate ini mulai dibangun oleh Pemerintah Kota Ternate pada tahun 2003 silam dan mulai digunakan pada tahun 2010.

Selain lokasinya yang unik, Masjid Al-Munawaroh juga memiliki arsitektur bangunan yang megah. Terdapat sekitar empat menara dengan tinggi 44 meter yang menghiasi sudut-sudut masjid. Dua di antara dari menara tersebut, dibangun tinggi yang menjulang dari dasar laut.

Bangunan Masjid Al-Munawaroh pun juga sangat indah. Kubahnya dihiasi dengan warna hijau dan kuning yang berpadu dengan bangunan masjid yang bernuansa putih, kuning, dan hijau.

Memiliki luas sekitar 9.512 meter persegi, Masjid Al-Munawaroh dapat menampung sekitar 15 ribu jemaah.

4. Masjid Terapung Amahami

Masjid Amahami adalah masjid terapung yang terletak di kawasan Pantai Amahami. Bentuknya yang unik membuat Masjid Amahami menjadi salah satu landmark terbaru di kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Di Bima

Masjid Amahami selesai dibangun pada akhir 2018 ini didesain oleh tim Universitas Petra Surabaya yang mendapat mandat langsung dari Pemerintah Kota Bima.

Tak sekadar unik, rancangan Masjid Amahami ternyata juga mengandung makna khusus. Masyarakat Bima punya filosofi kepemimpinan yang dinamakan ‘Nggusu Waru’ dan ‘Uma Lengge’. Dua unsur tersebut lantas diwujudkan dalam rancangan dasar masjid terapung dan dikombinasikan dengan desain bintang Al-Quds, simbol terkenal dalam ajaran Islam.

Keunikan bangunan dan lokasinya yang membuat Masjid Amahami memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5. Masjid Al-Aminah

Masjid terapung berikutnya adalah Masjid Al-Aminah. Masjid ini terletak di Pantai Sari Ringgung yang berada di Desa Sidodadi, Padang Cermin, Kabupaten Pesarawan, Lampung.

Karena lokasinya yang berada di sekitar Teluk Lampung, Masjid Al-Aminah tidak dihiasi bunga atau rerumputan pada umumnya. Tetapi ada pemandangan Teluk Lampung yang indah serta ikan yang sedang berenang ke sana ke mari.

Bangunan Masjid Terapung Al-Aminah unik, karena berdiri di ateh puluhan pelampung, berupa drum plastik berukuran gadang. Meski begitu, bangunan masjid juga tampak indah dengan kubahnya yang berwarna keemasan serta bangunannya yang bernuansa hijau dan putih.

Dan kini nan sadang dalam proses finishing adolah Musajik Terapung di KendariKendari, Sulawesi Tenggara. Kalau ndak salah urang awak (ibu ibu) dari Pessel lah basalfie di Musajik itu.

“Dan nan ka tujuah (ke-7) Musajik Tarapuang di Pantai Carocok Painan……, ” Demikian Ujang Saga mengakhiri ota lamak pagi ini di Lepau Mak Gambuang…. (****)

Baca juga;

Pada APBD Pessel Tahun 2020, Apakah Masih Ada Item Rapat di Hotel Berbintang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *