Tam Arang dan Utiah Kapeh

Pada APBD Pessel Tahun 2020, Apakah Masih Ada Item Rapat di Hotel Berbintang?

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, — Pagi tadi di Lapau Mak Gambuang, Tam Arang dan Utiah Kapeh cs masih membahas persoalan pembahasan APBD Pessel. Kalau kemaren yang mereka bahas soal besaran dana Pokir (pokok Pikiran) atau dulu disebut dana aspirasi. Tadi pagi mereka mencoba membedah kenapa rapat pembahasan APBD Pessel itu dilansung di hotel berbintang 4 di Padang. Apakah sidang di hotel itu tidak menghambur-hamburkan uang?

Mereka tidak lagi membahas masalah dana Pokir yang sempat membuat sidang menemui jalan buntu, seperti yang diberitakan oleh beberapa media termasuk media Pilarbangsanews.com.

Sidang sempat mandek beberapa saat karena Panitia Banggar DPRD Pessel pada awalnya menilai pihak eksekutif kebangetan menurunkan dana Pokir menjadi Rp500 juta/anggota yang sebelumnya Rp1 Milyar.

Bagi pihak eksekutif menurunkan nominal dana Pokir itu dari tahun sebelumnya bukan tanpa alasan. Alasan ada dan logis. Yakni adanya penyedian anggaran untuk Pilkada tahun depan.

Bagi kami pihak legislatif, kata Ketua Fraksi PAN DPRD Pessel, Novermal Yaska yang ikut dalam rapat itu, tak jadi masalah jika dana Pokir itu diturunkan. Tapi sebaiknya komunikasikan lah lebih dahulu, jangan tiba tiba dinaikkan begitu saja. Sampaikan kepada unsur pimpinan, sehingga anggota yang lain bisa menerimanya.

Ya.., tapi sudahlah, jangan dibahas lagi, kata Novermal kepada penulis cerita ini. Novermal kedepan dia berharap komunikasi yang harmonis antara eksekutif dan legislatif dapat tercipta tanpa mengabaikan hak, kewajiban dan fungsi masing masing.

“Kalau lah salasai soal dana Pokir; lah dapek kato sepakat, bulek aie dek pambuluah, bulek kato dek mufakat. Bulek lah bisa digolongkan, pipih lah buliah dilayangkan. Dapek kato sepakat antaro pihak legislatif dan eksekutif dalam hal iko Panitia Banggar dan TAPD, awak bagadang hati tumah, Tiah,” kata Mas Tartok memberikan komentarnya dengan mengutip pepatah petitih Minang.

“Lah pandai Mas Tartok, bapatitih?” kata Lebai Litak dengan nada bertanya.

“Harus lah pandai Ngku Labai. Sabab Mas Tartok itu kan lah manjadi Urang Sumando Ninik Mamak, meskipun beliau tu Tiang Jawi. Tibo di kandang kambiang mambebek, masuak ka Kandang Harimau Mangaum. Iyo macam itu kito awak ko di ma bumi dipijak disitu langit dijunjung, ” kata Pakie Teliang.

“Lantas soal apo nan kito bicarakan kini, Tiah?” tanya Udin Saga.

“Soal apo lei Tam? ” Utiah Kapeh minta pendapat pada Tam Arang.

“Nan masih hangat kini adalah baa mangko rapek itu dilaksanakan di Hotel. Kan pemborosan tu? ” kata Tam Arang.

Menurut Mas Tartok, rapat di Hotel berbintang 4 itu bukan atas keinginan anggota dewan yang sekarang. Anggota yang sekarang mereka banyak yang baru dan mereka adalah hasil pemilu 2019. Panitia anggaran pun mungkin tidak yang dulu lagi. Sementara anggaran untuk rapat di hotel itu sudah tersedia. “Makanya dimanfaatkan saja sesuai dengan item kegiatan. Kan tidak salah karano tak ado aturan yang dilangga?” tambah Mas Tartok.

“Salah memang indak, tapi harusnya anggota dewan yang sekarang menolak kalau sidang itu dilangsungkan di hotel. Kan bisa menolaknya? Masa sih gak bisa menolaknya ” tangkis Tam Arang, pakai “sih” pula dia bicara.

“Deyen juga heran. Kabanyo anggaran defisit. Kalau defisit tantu ada beberapo kegiatan yang tak dapek dilaksanakan tahun 2019. Tapi dana untuk ” Lalok di hotel ” lai ado yo?” kata Ujang Saga.

” Tu-tu-tunggu du-du-dulu. Jan sa-sa-salahkan sajo legislatif. Eksekutif de-de-den raaaa-raso juo saa-salah. Kan anggran dibuek basamo,” kata Udin Gagok.

“Beetuuuuuul itu Bang Udin, anggaran itu yang bikin pak sekda sekarang (ERIZON) sebagai TAPD. Jadi jangan limpahkan saja kesalahan itu pada pihak legislatif, ” kata Mas Tartok ketika buru buru sering menggunakan bahasa Indonesia, maklum Mas Tartok berasal dari Jawa Timur.

“Ambo satuju, kito gak bisa menyalahkan anggota DPRD sajo. Eksekutif dan legislatif samo samo menikmati lalok di hotel,” kata Tam Arang.

“Kok ka kito bilang dan dipiliah atah ciek ciek, iyo samo samo salah dan harus samo samo namuah manangguang ocehan, eksekutif ndak bisa menyalahkan legislatif sajo. Sabab anggran itu dibuek dan disetujui oleh kedua belah pihak. Setelah disetujui di minta pengesahan ke Gubenur. Dan Pak Gubenur mansyah anggaran “lalok di hotel” itu. Kalau ka kito salahkan pak Gubenur juo salah,” kato Pakie Teliang.

“Lalu kini baa lei… Mereka mereka Nan kito katokan salah itu para pemimpin awak Nan awak dulu kan selangkah dan kito tinggikan sarantiang.. Kito hujat mereka karena bertindak kurang menyadari kondisi, ambo raso ancak kito akhiri sajo. Cuma kok dapek untuak tahun berikutnyo jan dibuek juo lei sidang di hotel berbintang ampek itu.”

“Sebaiknya awak rakyat basikap macam itu. Sebab tibo di awak bana duduak, mungkin labiah buruak dari mereka itu. Cuma sajo kito kebnyakan dek ndak dapek sajo mangko manggarutok, ” kata Labai Litak.

“Kini baik lah kito maafkan. di APBD tahu 2020 apo masih ado item rapek di hotel?” tanya Tam Arang.

“Untuak manjawabnyo kito tungu SMS pak sekda atau pak DPRD, Pak Novermal Yaska. Sabab kalau Ketua DPRD, Ermizen S.Pd, alun amuah manjawab tanyo pak YY.. Mungkin takuik salah, ” kata Utiah Kapeh mengakhiri cerita mereka pagi tadi…..

Baca juga;

Sempat Mendek, Tapi Besok Rampung Pembahasan APBD Pessel 2020

Pembahasan APBD Pessel Mandek, Dewan Minta Anggaran Untuk Pengalokasian Dana Pokir Rp1,5 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *